Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 18:25 WIB | Kamis, 02 Juni 2016

Yesus dan Karl Marx Bakal Dilarang Bicara di Universitas

Seorang aktor memerankan Yesus Kristus dalam prosesi Jumat Agung. (Foto: Telegraph)

SATUHARAPAN.COM – Yesus Kristus, Karl Marx, Rousseau, Charles Darwin, dan Hegel akan dilarang berbicara di kampus universitas jika mereka masih hidup hari ini. Sebab, Inggris “terlalu lemah” untuk membela kebebasan berbicara, kata seorang profesor Oxford terkemuka.

Profesor Timothy Garton Ash, Guru Besar Studi Eropa di Oxford University, mengatakan tren yang disebut “ruang aman” telah menyebabkan kebebasan berbicara terkikis dari semua sisi, bahkan sampai membuat mahasiswa membungkam opini mahasiswa lain.

Memperingatkan universitas harus melawan “penggerogotan” dari kebebasan berbicara, dia mengatakan sudah saatnya bagi publik untuk berdiri melawan rancangan undang-undang dan sensor diri anti-terorisme.

Berbicara di Hay Festival, yang disponsori Telegraph, Prof Garton Ash mengatakan ia telah mengidentifikasi empat bidang utama ancaman terhadap kebebasan berbicara di Inggris, termasuk ketakutan meningkatnya kekerasan terhadap mereka yang memilih untuk berbagi pendapat mereka.

Berdasarkan undang-undang dari Kementerian Hukum dan Imigrasi Inggris, ia menambahkan, berarti universitas kini didorong untuk memblokir mereka, yang bahkan ekstremis anti-kekerasan. Mereka dilarang berbagi pendapat mereka. Dengan definisi ini, dapat mencakup beberapa pemikir terkemuka di dunia.

Dia mengatakan kepada penonton, “Beberapa dari Anda mungkin tahu bahwa dalam undang-undang anti-terorisme baru, yang hendak dipaksakan oleh Kementerian Hukum dan Imigrasi pada universitas, apa yang disebut sebagai pencegahan. Ini membuat kita mencegah ekstremis non-kekerasan berbicara di kampus.

“Siapa ekstremis non-kekerasan? Itu Karl Marx, Rousseau, Charles Darwin, Hegel, dan paling jelas Yesus Kristus, yang adalah pasti ekstremis non-kekerasan. Kementerian tidak ingin dia berkhotbah di kampus.”

“Ini adalah ancaman nyata, saya pikir, untuk kebebasan berbicara dan kita harus melawannya.”

Berbicara tentang ancaman kunci untuk berbicara, Prof Garton Ash, penulis Free Speech: Ten Principles for a Connected World, mengatakan ia telah melihat meningkatnya kecenderungan sejumlah kecil orang tersinggung, untuk menghentikan perdebatan.

“Ini bukan hanya mengatakan ucapan seseorang ofensif,” katanya. “Ini berarti ada hak veto untuk tindakan subjektif saat satu orang atau sekelompok kecil orang bisa mengatakan ‘saya tersinggung’ dan ini dianggap cukup alasan untuk menghentikan orang itu berbicara."

“Kami memiliki masalah besar pada saat di universitas kami, karena di satu sisi kita berada di bawah serangan dari pemerintah kita seperti saya katakan, dan di sisi lain ada dorongan tertentu dari bawah, dari mahasiswa kita sendiri, yang menuntut ‘ruang aman’.”

Seorang juru bicara Kementerian Hukum mengatakan, “Hukum secara eksplisit menjelaskan bahwa ini adalah pencegahan, perguruan tinggi harus mempunyai perhatian khusus pada tugas mereka untuk memastikan kebebasan berbicara dan kebebasan akademik. Jadi dalam banyak kasus, sesuai dengan pencegahan, adalah secara sederhana memastikan ada kursi yang efektif dan suara oposisi yang kuat.”

“Tidak ada kontradiksi antara mempromosikan kebebasan berbicara dan memperhitungkan kesejahteraan mahasiswa, staf dan masyarakat luas, juga tidak ada apa pun tugas atau aspek lain dari pencegahan yang membatasi perdebatan politik sejati.”

“Melindungi mereka yang rentan dan berisiko menjadi korban radikalisasi adalah pekerjaan bagi kita semua. Dan, pemerintah ini terus bekerja dalam kemitraan dengan masyarakat dari berbagai latar belakang untuk menantang orang-orang yang menyebarkan kebencian dan intoleransi. (Telegraph)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home