Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 12:59 WIB | Rabu, 10 Juni 2015

Yunani akan Capai Kesepakatan Dana Talangan

Wakil Presiden Komisi Eropa untuk Euro, Valdis Dombrovskis. (Foto: balticreports.com)

STRASBOURG, SATUHARAPAN.COM – Yunani dan kreditur Dana Moneter Internasional (IMF) bisa mencapai perjanjian dana talangan dalam beberapa hari ke depan, kata Wakil Presiden Komisi Eropa untuk Euro, Valdis Dombrovskis, Selasa (9/6), setelah Athena mengajukan rencana reformasi baru.

“Menurut saya mencapai perjanjian dalam beberapa hari ke depan masih dimungkinkan. Masih mungkin kami bisa mencapai sebuah perjanjian yang bisa (disetujui) oleh (menteri keuangan) Europgroup,” kata Dombrovskis kepada media ketika ditanya mengenai pengajuan tersebut.

“Namun ini benar-benar membutuhkan kesediaan politik, terutama dari pihak Yunani. Jadi sedikit manuver  taktis dan lebih banyak mengupayakan hal pokok,” kata sang Mantan Perdana Menteri Latvia tersebut.

Dombrovskis menyoroti target surplus utama Yunani, yakni perbedaan antara pendapatan dengan belanja pemerintah , dan perubahan dalam sistem pajak penjualan sebagai poin utama yang sangat penting untuk disepakati.

Yunani mengajukan proposal baru sebelumnya pada Selasa (2/6), hampir sepekan setelah menyebut rancangan reformasi yang diajukan kepala Komisi Eropa Jean-Claude Juncker tidak masuk akal.(AFP/Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home