Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 16:12 WIB | Rabu, 17 Juni 2015

Yunani Tunjuk Profesor Ekonomi sebagai Wakil di IMF

Profesor ekonomi Michalis Psalidopoulos ditunjuk sebagai wakil baru Yunani di Dana Moneter Internasional (IMF). (Foto: athens.usembassy.gov)

ATHENA, SATUHARAPAN.COM – Yunani menunjuk profesor ekonomi Michalis Psalidopoulos sebagai wakil baru di Dana Moneter Internasional (IMF), menurut laporan Departemen Keuangan Yunani, Rabu (17/6).

Reuters menuliskan, Psalidopoulos, profesor di University of Athens dan telah menjadi profesor di Universitas Tufts, AS, pada 2010-2014, menerima usulan Menteri Keuangan Athena, Yanis Varoufakis, untuk mewakili Yunani.

Pemerintah juga mencalonkan Elena Panaritis sebagai wakil mereka namun pencalonan Panaritis ditolak oleh oposisi.

Sebelumnya Menteri Keuangan Finlandia mengatakan bahwa Yunani membutuhkan keajaiban untuk kesepakatan sementara Menteri Keuangan AS, Jack Lew juga sempat menelepon Tsipras menyerukan kompromi pragmatis,

Pasar pun tampak bereaksi keras atas ketidakpastian ini. Menurut catatan Telegraph, indeks bursa efek Athena jatuh 4,8 persen pada Selasa (16/6). Saham bank Yunani juga turun 8,9 persen. Selain itu, ada juga tanda-tanda penularan krisis Yunani kepada obligasi Spanyol dan Italia.

Menteri Varoufakis mengatakan kepada surat kabar Jerman, Bild, bahwa mereka tidak akan menyajikan proposal apapun pada pertemuan Eurogroup penting besok.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home