Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 12:46 WIB | Senin, 10 November 2014

Ziarah Makam Pahlawan di TMP Kalibata

Ziarah Makam Pahlawan di TMP Kalibata
Nety Surentu bersama anaknya, Fero Surentu, saat berziarah memanjatkan doa bagi mendiang Frits Surentu, salah satu pengemudi mobil kepresidenan pertama era Presiden Soeharto. Ziarah makam keluarga pahlawan masih berlangsung seusai rombongan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Menteri Kabinet Kerja menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jalan Raya Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (10/11) (Foto-foto: Dedy Istanto).
Ziarah Makam Pahlawan di TMP Kalibata
Foto almarhum Frits Surentu serta foto kendaraan mobil RI 1 yang dipajang di atas makam. Frits Surentu adalah pengemudi pertama kendaraan mobil RI 1 di era Presiden Soeharto, yang wafat pada 15 Mei 2014.
Ziarah Makam Pahlawan di TMP Kalibata
Dua perempuan veteran berjalan di antara makam pahlawan yang gugur dalam perang, seusai berziarah di Hari Pahlawan, 10 November.
Ziarah Makam Pahlawan di TMP Kalibata
Pasangan keluarga saat berziarah di makam pamannya yang dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.
Ziarah Makam Pahlawan di TMP Kalibata
TMP Kalibata, Jakarta Selatan, ramai dikunjungi keluarga untuk berziarah di Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Keluarga pahlawan berziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jalan Raya Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (10/11). Salah satu di antaranya, keluarga Frits Surentu. Istri dan anaknya, Nety Surentu dan Fero Surentu, memanjatkan doa di makam sosok yang mereka cintai itu, yang tutup usia pada 15 Mei 2014.

Frits Surentu merupakan salah satu pengemudi kendaraan kepresidenan pertama pada era Presiden kedua Republik Indonesia Soeharto. Fero mengatakan, ayahnya adalah pengemudi pertama yang membawa mobil kepresidenan dari Cilacap saat almarhum Soeharto menjabat sebagai Presiden.

Frits Surentu bersama lebih kurang 7.000 lainnya, dimakamkan di TMP Kalibata, makam khusus bagi mereka yang telah berjasa kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mulai dari pahlawan nasional, anggota militer, dan pejabat tinggi negara.

Pada Senin (10/11), Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla beserta istri dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja menggelar upacara Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada pukul 07.00 WIB. Seusai upacara, Wapres Jusuf Kalla melakukan tabur bunga di sejumlah makam.

Semula Taman Makam Pahlawan berada di daerah Ancol, Jakarta Utara, dengan nama Taman Makam Pahlawan Ancol. Namun, karena kondisi sudah tidak layak, Presiden Soekarno memindahkannya ke Taman Makam Pahlawan Kalibata dengan luas sekitar 5 hektare.

Pembangunan TMP Kalibata yang dimulai pada 1953 rampung dalam waktu satu tahun. Presiden Soekarno meresmikannya pada 1954, dengan jumlah makam tahap pertama 121 pahlawan dan pejuang, pindahan dari TMP Ancol.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home