Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 07:33 WIB | Sabtu, 25 Juli 2015

41 Negara Ikut Olimpiade Astronomi dan Astrofisika di Magelang

Ilustrasi Olimpiade Astronomi dan Astrophysics tingkat SMU ke 3 tanggal 16-26 Oktober 2009 di Teheran.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan, sebanyak 41 negara akan berpartisipasi dalam International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2015 di Indonesia.

 "Sebanyak 318 peserta dari 41 negara akan berpartisipasi dalam kegiatan IOAA yang akan dilaksanakan di Indonesia," kata Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hamid Muhammad di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Jumat (24/7).

Dalam tim dari 41 negara tersebut, akan terdiri dari 210 kontestan, 83 `team leader` dan 25 `observer`. Sedangkan Indonesia akan mengirimkan 10 siswa yang terbagi dalam dua tim, regular tim dan `guest` tim.

Pemilihan 10 siswa tersebut, dilangsungkan secara bertahap dan selektif pada hasil seleksi 30 siswa terbaik dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada tahun 2014.

 Setelah proses penyaringan, siswa yang terpilih, akan digembleng secara intensif, dengan tim pembina khusus di Kota Magelang, Jawa Tengah.

Olimpiade astronomi dan astrofisika ini, merupakan lomba ilmiah tahunan internasional yang diprakarsai lima negara yaitu Thailand, Iran, Tiongkok, Polandia dan Indonesia pada tahun 2006 lalu.

 Hamid mengatakan, perhelatan ini diperuntukan bagi siswa sekolah menengah atas di seluruh dunia, yang memiliki minat dan bakat di bidang astronomi.

 "Lomba ini bagi siswa tingkat SMA, dan kota Magelang ditunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan acara tersebut," katanya.

 Perhelatan itu sendiri digelar dari 26 Juli sampai dengan 4 Agustus 2015, dan pembukaan resmi pada tanggal 27 Juli di pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Sedangkan penutupan resminya akan dilangsungkan pada tanggal 3 Agustus 2015, di Teater Sendratari Ramayana Candi Prambanan, Yogyakarta.

 Alasan pemilihan kedua tempat tersebut, sebagai lokasi pembukaan dan penutupan, adalah agar sejalan dengan tema besar IOAA ke-9, yaitu `Astronomy Beyond Boundaries of Humanity and Culture`.

 Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kemendikbud Harris Iskandar berharap agar Indonesia sukses menjadi tuan tumah IOAA tahun ini. "Semoga pelaksanaan IOAA tahun ini, Indonesia bisa sukses menjadi penyelenggara dan menjadi tuan rumah yang baik," katanya.

Dia menambahkan, meskipun mata pelajaran astronomi tidak dipelajari secara khusus di sekolah di Indonesia, namun itu tidak mengurangi prestasi para peserta didik Indonesia saat beradu di tingkat dunia.

Hal tersebut, lanjut Harris, karena tim astronomi Indonesia tidak pernah surut menyumbang prestasi, pada IOAA tahun 2008 lalu, Indonesia mendapat empat medali emas, tiga perak, dan dua perunggu.

 "Koordinasi tiap komponen yang terkait penyelenggaraan acara ini sangat penting, semua sudah dipersiapkan dengan baik, tinggal dijalankan" katanya. (Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home