Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:16 WIB | Jumat, 09 Februari 2018

Acara Akhir Pekan 10 – 11 Februari 2018

Ilustrasi. Flyer undangan pentas seni Menjadi Manusia dengan Sastra oleh Budi Darma, Seno Gumira Ajidarma dan Violeta Simatupang di Galeri Indonesia Kaya. (Foto: imgrum.org)

SATUHARAPAN.COM – Berbagai acara hiburan menyemarakkan acara akhir pekan di penggal awal bulan Februari ini. Khususnya untuk merayakan Imlek, beberapa acara digelar, antara lain, Lunar Mie Festival, Noodle Doodle Festival, selain ada pula bazaar, festival kuliner, wedding festival, juga beberapa pementasan teater dan sastra, serta pembacaa puisi dan pemutaran sinema. Selain itu, ada pula beberapa acara kreativitas anak muda, yakni Indonesia Drone Festival dan Robot Championship.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 10 Februari

Galeri Indonesia Kaya Jakarta, pukul 12.00 dan 15.00 WIB, Pementasan Teater, Romantisme & Kegilaan Agus Noor oleh Kayan Production & Communications

Berangkat dari buku Agus Noor terbaru, Lelucon Para Koruptor, pementasan ini akan menjadi gambaran sekaligus refleksi atas perilaku-perilaku manusia yang melakukan tindakan-tindakan korupsi. Ditampilkan melalui fragmen-fragmen komedi, berdasarkan cerita-cerita dalam buku Lelucon Para Koruptor, menggambarkan suasana kegilaan dan keganjilan tetapi penuh kelucuan dari para koruptor. Di samping itu juga akan dihadirkan sisi romantisme Agus Noor yang tercermin melalui puisi-puisinya.

Kayan Production & Communications merupakan institusi yang bergerak di bidang produksi dan komunikasi. Sejak didirikan pada tahun 2011, Kayan Production telah banyak menyelenggarakan kegiatan seni budaya. Program Indonesia Kita yang telah digelar dalam 26 kali pertunjukan, merupakan pementasan seni pertunjukan yang diproduksi oleh Kayan Production. 

Kayan juga mendukung dan berkolabolasi dengan seniman lain, baik melalui pentas seni pertunjukan, proses produksi rekam, serta workshop, peluncuran dan diskusi buku. Romantisme dan Kegilaan Agus Noor merupakan salah satu kegiatan Kayan Production dalam upaya menggiatkan minat baca dan memajukan dunia literasi di Indonesia.

Bentara Budaya Jakarta, pukul 15.30 WIB, Kelas Puisi Bersama penyair Heru Joni Putra

Heru Joni Putra, penyair muda asal Sumatera Barat, belum lama menerbitkan buku puisinya, Badrul Mustafa (2017). Yang menarik dari karyanya ini, Heru mencoba mengolah ragam peribahasa, pepatah maupun pantun ke dalam metafor sajak kini. Kita menemukan suatu ‘bentuk’ yang boleh dikata segar dan terbilang kaya menautkan asosiasi dengan karya-karya bahasa Nusantara. Beranda Sastra #11 kali ini menghadirkan Kelas Puisi yang mengajak kita menciptakan karya-karya sajak yang berangkat dari langgam bahasa yang telah tumbuh dalam kultur Nusantara.

Penyair kelahiran 13 Okteber 1990, di Payakumbuh, Sumatera Barat ini sekarang belajar di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Kini bergiat di Kandangpadati, Ranah PAC dan Studiohanafi.

Buku puisinya yang baru saja terbit, Badrul Mustafa, tampil sebagai Lima Besar Kusala Sastra Khatulistiwa 2017 untuk kategori Puisi serta mengantarkannya sebagai Tokoh Seni Pilihan Tempo 2017.

Tribeca Park, Central Park Mall, Jakarta, Noodle Doodle Festival

Acara berlangsung Senin (5/2) – Minggu (11/2)

@centralparkmall mempersembahkan: Explore The Best Noodles In Town! Mulai dari Bakmi Mercon Ha-El, Bakmi Hakka Tempo Doeloe, Bakmi Shanghie, Bakmi Bangka Tjhau, Bakmi Paikut Akhwang, Bakmi Medan Mey Lan, Mie Kombinasi Yie Thou, Bakmi Ponti Alit, Warung Mie Atom, Bakmi Paikut Akhwang, Bakmi Casiu On Lok Palembang, Bakmi Sinar Rezeki, Bakmi Hakawe, Bakmi Terang Bulan, Bakmi Congsim, Mie Bong, 69 Mie Tarek Medan, Bakmi Rudy, Bakmi Mipolo, Bakmi Malang Regia, Mie Hijau Langsiang, Bakmi Bakar Bodud’z, Yamien Sinar Khek, Mamaria Cooks by Revalina S. Temat, Mingfa, Bakmi Cetar by Ridwan Sate Bintang 5, Bakmi Kim Hau, Es Kopi Takkie, Yo Be Cheese Tea, Es Sinar Garut, Baysands Ice Cream, Cilok Lumeer, Mix Variation, Sosro, Brun, Monggo Mango, Es Durian 11, Ciffon & Choux, Vilo Gelato, Nyet Nyot Cireng Masa Kini, Mama Djempol, Serabi Hijau 11 Bersaudara.

Dapatkan special Lucky Angpao dengan harga minimum Rp 300.000.  

Info dan kontak: Facebook: Central Park Mall, Twitter: @CentralParkMall

Living World Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan, pukul 10.00-21.00 WIB, Indonesia Drone Festival 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (10/2) – Minggu (11/2)

Buat pencinta drone yang ingin mengetahui perkembangan drone dan komunitasnya, juga bagi yang suka drone race, digelar acara Indonesia Drone Festival 2018 (Indo Drone Fest 2018). Pencinta drone bisa bergabung dengan komunitas-komunitas drone, juga mengikuti workshop tentang drone. 

Penggemar drone race juga bisa ikut kompetisi drone race yang diadakan dengan hadiah jutaan rupiah. Jangan lewatkan juga kompetisi foto dan video drone dengan tema “langit untuk indonesia”.

Daftar kegiatan: FPV Drone Fun Race, Photo and Video Drone Competition, Pameran Teknologi Drone, Workshop, Kompetisi Drone Terbaik, Battle Drone

Info dan kontak: Telp 1: 085213307930 (Rahmi), Telp 2: 081388954331 (Paul), Telp 3: 081219212117 (Didiet), Instagram: @indo_dronefest, Website: indodronefest.com

Bentara Budaya Bali, pukul 18.00 WITA, Sinema Bentara Dunia Batin Kamila Andini

Sinema Bentara kali ini menyuguhkan rangkaian film yang bersifat retrospektif dari sutradara muda cemerlang Kamila Andini.

Kamila Andini, salah satu sutradara muda Indonesia yang kini banyak diperbincangkan. Ia memulai kariernya di bidang film dengan membuat dokumenter, sebagian besar mengambil fokus tentang laut. Sejak remaja pun ia telah akrab dengan dunia film. Ia pernah mengikuti Popcorner Film Workshops, Konfiden (Komunitas Film Independen) short film workshop, dan InDocs (organisasi film dokumenter Indonesia).

Film-film Kamila Andini banyak menyoal isu seputar perempuan. Film cerita pertamanya, The Mirror Never Lies (2011), berkisah  tentang hubungan ibu dan anak perempuan suku Bajo di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Pada sinema retrospektif kali ini, akan dihadirkan film-film awal karya Kamila Andini dan juga film terkini yang akan mulai tayang bulan Maret 2018 mendatang, yakni Sekala Niskala. Film-film garapannya cenderung berbasis pada riset yang panjang dan mendalam, sebagaimana tecermin pada Memoria (2016), di mana Kamila mengambarkan sepenggal kisah kelam yang terjadi pada sebagian perempuan di Timor Leste pada masa perang kemerdekaan Timor Leste kala itu.  

@america Pacific Place, pukul 18.30 WIB - 20.30 WIB, The Stories of Hawaii

Aloha, datang dan jelajahi pulau-pulau Hawaii dengan Hawaii Tourism Southeast Asia dan LiveLife untuk belajar lebih banyak tentang budaya Hawaii.

Victory Ballroom, Hotel Ciputra Cibubur, Bekasi, Glam & Beauty Wedding Expo 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (10/2) – Minggu (11/2)

Jadilah bagian dari sejarah pameran pernikahan pertama yang pernah ada di Cibubur, dan dapatkan kesempatan untuk merawat calon pengantin atau calon pengantin, dan akan menjadi makan malam yang romantis di The Gallery Restaurant secara gratis. Juga mendapatkan kesempatan untuk memenangkan Voucher Liburan dari Panorama JTB Tours.

Pendaftaran gratis!

Info dan kontak: Telp: 085716003238, Facebook: Hotel Ciputra Cibubur

The Garden Living World Alam Sutera, Tangerang, Bazaar Sepatu SneakerBoom 2018

Acara berlangsung pada Jumat (9/2) – Minggu (11/2)

"Sneaker Terbesar di Tangerang" akan datang lagi!

Bergabunglah dengan ASSI dan @livingworld_alamsutera

Cari tahu sepatu impian Anda dari lebih dari 40 penyewa yang berpartisipasi. Ribuan sepatu dari berbagai merek akan tersedia. Juga akan ada banyak Daily Raffle and Lucky Draw. Love and Style in Living World, dan banyak lagi.

Mari menyambut Hari Valentine dan Tahun Baru Imlek dengan cara yang paling keren!

Info dan kontak: Facebook: Living World, Alam Sutera, Twitter: @thelivingworld, Instagram: @livingworld_alamsutera, Website: livingworld.co.id

Indonesia Convention Exhibition (ICE) Hall 1-3, BSD City, Tangerang, BCA Expoversary 2018

Acara berlangsung pada Jumat (9/2) – Minggu (11/2)

Produk andalan BCA dengan berbagai promo spesial dapat dijumpai di BCA ExpoVersary 2018. Di acara itu Anda bisa mendapatkan berbagai penawaran istimewa dari Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BCA, Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BCA, Kredit Sepeda Motor (KSM) BCA, Reward BCA, BCA Syariah, BCA Life, BCA Insurance, BCA Sekuritas dan lain-lainnya.

Nikmati promo spesial di lebih dari 100 tenant. Mulai dari rumah, mobil, makanan, fashion, tiket pesawat, dan paket wisata domestik serta berbagai solusi produk dan layanan BCA.

Informasi: expo.bca.co.id, Info dan kontak: Website: expo.bca.co.id

Jakarta Convention Center (JCC), Hall A & B, pukul10.00-22.00 WIB, Indonesia Property Expo 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (3/2) – Minggu (11/2)

Pameran properti terlengkap dan terbesar di Indonesia, menghadirkan 877+ Proyek Properti pilihan di berbagai daerah (Jabodetabek, Bandung, Semarang Garut, Tasikmalaya, Serang Pontianak, Samarinda, Kupang Batam, Bali, Medan, Aceh) dengan kemudahan jangka waktu cicilan sampai dengan 25 tahun, dan harga mulai dari 130 jutaan.

Tiket masuk gratis, hanya perlu registrasi atau download Aplikasi INAPEX supaya tidak perlu antre!

Link download untuk pengguna Android di sini : bit.ly/2wkFhLV, Link download untuk pengguna Apple IOS di sini : apple.co/2tYUTUB

Info dan kontak:Facebook: Indonesia Property Expo, Twitter: @INAPropertiExpo, Instagram: @indonesiapropertiexpo, Website: inapex.co.id/ipex-2018

Plaza Blok M, Jakarta, pukul 11.00-17.00 WIB, Plaza Blok M Robot Championship

Acara berlangsung pada Sabtu (10/2) – Minggu (11/2)

Lomba yang ditandingkan: Sumo Robotami Competition, Transporter Robotami Competition

Info dan kontak: Facebook: Plaza Blok M

Boulevard, Living World Alam Sutera, Tangerang, pukul 11.00-22.00 WIB, Festival Nasi Campur-Campur  Living World Alam Sutera

Acara berlangsung pada Rabu (31/1) – Minggu (11/2)

Yang akan hadir: Nasi Uduk & Ulam H. Yoyo, Nasi Pedas Bali, Nasi Kapau Kramat Soka, Nasi Campur Rambut Setan Merah Mbah Jingkrak, Nasi Bakar Wijaya, Nasi Campur Khas Manado, Nasi Campur Khas NTT, Nasi Bogana May-May, Nasi Campur Kencana, Nasi Campur Amei, Nasi Campur Cici Pademangan Nasi Campur Gloria, Nasi Campur Ko Aan, dan lainnya

Info dan kontak: Twitter: @thelivingworld

Jalan Trunojoyo No 6 Bandung, pukul 08.00-15.00, Android Workshop Beginner

Acara berlangsung pada Sabtu (10/2) – Minggu (11/2)

Biaya pendaftaran: Rp. 250.000/orang

Punya HP android dan tertarik dengan programming? Pingin bikin apps-nya sendiri tapi tidak mau sendirian? Sirkel Education membuka wokrshop Android bagi yang ingin belajar membuat mobile apps dari dasar dan waktu yang singkat yaitu 12 jam. Untuk calon-calon developer Android, wokrshop ini akan membuat seseorang bisa membuat sebuah aplikasi sederhana yang bisa langsung digunakan!

Daftar sekarang di https://sirkeled.com

Info dan kontak: WA : +6281320594351, WEB : https://sirkeled.com, LINE : http://line.me/ti/p/%40hyy8521r

Minggu, 11 Februari

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pentas Seni Menjadi Manusia dengan Sastra oleh Budi Darma, Seno Gumira Ajidarma, dan Violeta Simatupang

Menjadi Manusia dengan Sastra merupakan bentuk perayaan dan apresiasi terhadap para maestro Sastra Indonesia. Selain itu, acara ini bermaksud mengakrabkan sastra kepada generasi milenial. Di tengah arus karya-karya populer, anak-anak muda juga berhak terhadap edukasi literasi sastra yang berisi.

Sastrawan dan karyanya yang akan kami bahas dalam acara ini adalah: Iwan Simatupang (Ziarah), Budi Darma (Orang-Orang Bloomington, Rafilus), Kuntowijoyo (Dilarang Mencintai Bunga-Bunga), Bondan Winarno (Petang Panjang di Central Park), Seno Gumira Ajidarma (Dunia Sukab).

Bentuk acara ini adalah diskusi dan pentas seni berupa dramatical reading. Ada pun pengisi acara yang akan tampil adalah Budi Darma, Seno Gumira Adji Darma dan Violeta Simatupang yang merupakan putri alm. Iwan Simatupang.

Food Plaza & Fresh Market Pantai Indah Kapuk, pukul 8.00-00.00 WIB, Festival Durian Pantai Indah Kapuk

Acara berlangsung Jumat (9/2) – Minggu (18/2)

Festival Durian kembali diadakan di Food Plaza PIK, dengan lebih banyak tenant dan lebih banyak pilihan durian favorit. Pencinta durian di Jakarta dapat memboyong keluarga dan teman-teman dekat, memuaskan kecintaaan terhadap durian di festival dengan mencoba berbagai jenis varian durian yang akan disediakan.

Informasi Selanjutnya dapat mengunjungi Instagram @foodplazapik.

Grand Ballroom, Gandaria City Hotel Aula Jakarta Selatan Sheraton Grand Jakarta, Pameran Bridgestory 2018

Acara berlangsung pada Jumat (9/2) – Minggu (11/2)

Menyusul kesuksesan acara sebelumnya, Bridestory Fair kembali lagi tahun ini dengan konsep yang lebih besar dan lebih baik. Tema kali ini "Stardust", Bridestory Fair 2018 akan menyajikan daftar 100 pedagang pernikahan yang dikuratori di 16 kategori dalam acara tiga hari satu-satu.

Dapatkan kesempatan untuk mendapatkan dana tunai sebesar IDR 300 juta saat Anda bertanding dalam acara Bridestory Fair 2018.

Info dan kontak : Instagram: @ thebridestory,  Website: bridestory.com/fair

Grand City Surabaya, Main Atrium Ground Floor, Lunar Mie Festival 2018

Acara berlangsung pada Jumat (9/2) – Minggu (11/2)

Datang dan ramaikan Lunar Mie Festival dengan berbagai acara menarik, antara lain akan ada yang special yaitu Talk Show Food Blooger @tirta_lie specialis mie dan juga beberapa rangkaian acara!

Daftar acara: Noodle Challenge by Mee Macau, Food Photo Competition, Noodle Show by Chef, Live Music, Talkshow with Tirta Lie

Info dan kontak: Telp: 087853261550 (Stefani), Facebook: Grand City Surabaya, Instagram & Twitter: @grandcitymall

Grand Galaxy City – Bekasi, Galaxy Lunar Festival 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (10/2) – Minggu (18/2)

Bazaar Kuliner, Fashion & Multi Produk, Barongsai Show, Cooking Show & Bagi2x Angpao

Info dan kontak: Ellen – 0822 9797 0890

 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home