Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:47 WIB | Jumat, 13 Desember 2019

Acara Akhir Pekan 14 – 15 Desember 2019

Pemuteran Bay Festival Buleleng Bali. (Foto: indonesia.travel)

SATUHARAPAN.COM – Acara akhir pekan di bulan Desember 2019 ini akan dimeriahkan oleh beberapa acara antara lain pertunjukan musik, dongeng, drama musikal, Festival Relawan 2019, Festival Gerakan Warung Nasional 2019.

Selain itu ada acara akhir tahun yang meriah dalam acara Semarak Perayaan Akhir Tahun yang diselenggarakan Summarecon Mall Kelapa Gading. Tidak ketinggalan juga acara di Bali yang juga tak kalah menarik yaitu Pemuteran Bay Festival.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 14 Desember

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Vokal dan Musik Cerita Dimas Sufi oleh Dimas Sufi bersama Tessa Prianka, Debora Jemadu, Cantika, dan Yuka Tamada

"Cerita Dimas Sufi" merupakan sebuah intimate concert, yang dibuat oleh Dimas Sufi sebagai salah satu cara dalam menceritakan perjalanan hidupnya dan bagaimana musik berperan di dalamnya, karena baginya musik adalah sarana untuk bisa menyuarakan kegelisahan dan pemikirannya terhadap isu di sekitarnya.

Kali ini Dimas Sufi mengajak Kenanya Hermanus sebagai Music Director yang akan mengemas karya-karya Dimas Sufi yang bergenre rock, dengan menggabungkan konsep Mini Bigband. Dimas juga mengajak beberapa teman sesama musisi yaitu Tessa Prianka, Debora Jemadu, Cantika dan Yuka Tamada untuk ikut bercerita dengan gaya dan ekspresinya masing-masing; dalam menceritakan karya Dimas Sufi yang lebih banyak menceritakan isu sosial dan lingkungan.

Dimas Sufi adalah seorang musisi muda kelahiran tahun 1988 asal Tangerang. Ia mulai tertarik dengan dunia tarik suara sejak ia duduk di sekolah menengah pertamanya. Dari sana, ia sudah mulai menjajal panggung-panggung kecil. Dukungan keluarganya untuk berkarier di dunia musik ia manfaatkan dengan kerja keras, yaitu melanjutkan sekolah di Conservatory of Music Universitas Pelita Harapan pada konsentrasi sound design.

Puas menyelesaikan studinya, Dimas Sufi mengawali karier musiknya bersama band alternatif Ladia, unit art-rock KOLK!, serta grup Appasionata Bigband yang beraliran pop jazz. Tidak sampai di situ, pada tahun 2014 Dimas Sufi akhirnya merintis karier musik solonya yang beraliran pop rock, setelah berdiskusi dengan music producernya terdahulu, Made Indrayana. Ia telah menelurkan satu buah album penuh berjudul Merah, yang dikenal melalui single berjudul Kopi. Tidak hanya mendapatkan animo yang baik dari audiens, tetapi lagu tersebut pun didukung oleh organisasi non-pemerintah kelas internasional WWF.

Banyak dipengaruhi oleh musisi favoritnya, seperti Eddie Vedder (Pearl Jam), Chriss Cornell (Sound Garden), hingga penyanyi lokal Nugie, ia kini siap mengeksplorasi musiknya lebih dalam dan dikenal oleh khalayak yang lebih luas sebagai Dimas Sufi sang penyanyi solo.

Summarecon Mall Kelapa Gading, Semarak Perayaan Akhir Tahun

Acara berlangsung pada Kamis (5/12) – Minggu (5/1).

Di penghujung tahun 2019, sejumlah acara dan program menarik turut menyemarakkan perayaan menyambut Natal dan Tahun Baru mulai dari 5 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020.

Bersamaan dengan pemutaran film perdananya di bulan Desember, Summarecon Mall Kelapa Gading menggelar mall event Star Wars: The Rise of Skywalker. Bertempat di area The Forum MKG 3 GF, para pengunjung dapat merasakan langsung suasana Star Wars Universe yang kali ini terbagi menjadi 2 area yakni Dark vs Light dengan warna kontras biru dan merah.

Di sisi Light, terdapat Poe In Flight Checkpoint, Legacy Wall, serta Hyperdrive Tunnels yang memberikan efek foto menarik dengan pendar cahaya kebiruannya. Di sisi Dark, terdapat Imperial Ship Checkpoint yang dibuat seperti menggantung di udara, deretan Stromtrooper Wall serta Star-Flakes photo op yang bisa dijadikan background foto dengan efek bingkai berupa butiran salju. Selain dekorasi panggung bertema Star Wars Universe, para penggemar Star Wars juga bisa membeli collectible  items Star Wars yang tersedia di area retail.

Kehangatan suasana Natal makin terasa dengan hadirnya beragam acara menarik selama sebulan penuh, di antaranya: Santa Sleigh, Christmas Marching Band, Christmas Caroling, Choir, dan School Performances.

Melengkapi rangkaian program akhir tahun, Summarecon Mall Kelapa Gading mengadakan program Joyful Salebration di mana pengunjung yang telah berbelanja min Rp1.000.000,- selama periode 5 Desember 2019 – 5 Januari 2020 bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan hadiah langsung berupa voucher belanja. Jangan lewatkan juga kesempatan untuk berbelanja seharian penuh di One Day Sale pada tanggal 14 dan 21 Desember 2018 dengan diskon hingga 70 persen di tenant-tenant yang berpartisipasi dan siap-siap dapat kejutan menarik dari Santa Claus !

Tidak terasa tahun 2019 akan segera berakhir, bagi pengunjung yang masih bingung untuk menentukan tempat menghabiskan malam tahun baru, Summarecon Mall Kelapa Gading bisa menjadi alternatif yang pas untuk menyambut datangnya tahun 2020 bersama keluarga maupun sahabat tercinta.

Merayakan malam pergantian tahun, Summarecon Mall Kelapa Gading kembali menggelar New Year’s Eve Party bertema Infinity Night at Tokyo tepat di tanggal 31 Desember 2019.

Rangkaian selebrasi yang mengusung hashtag #LetsGetLoud ini akan mengambil tempat di area L5, La Piazza dengan dekorasi bernuansa keramaian kota Tokyo di malam hari.

Rangkaian acara menarik akan disuguhkan bagi pengunjung mulai dari jam 7 malam di antaranya: Artist Performace: RAN, DJ Performance: DJ Iris Stroganov, Dance Performace, dan ditutup dengan pertunjukan Spectacular Fireworks pada tengah malam. Tidak ketinggalan, permainan Sumo dan Shake Ping Pong akan dihadirkan selain humanoid berpakaian adat Jepang yang akan berkeliling di sekitar area acara.

Tiket masuk Early Bird seharga Rp75.000,- sudah tersedia di counter Friendship Card MKG 1 & 3, Ticket Counter (depan ibox), dan Traveloka selama periode 18 November - 15 Desember 2019 atau selama persediaan masih ada. Khusus bagi pemilik MKG Friendship Card, ada penawaran khusus yakni tiket masuk seharga Rp. 50.000 + 1 stamp poin. Selain Early Bird, tiket masuk acara pergantian tahun ini akan tersedia juga on the spot dengan harga Rp. 100.000,-

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi Instagram @MKGLaPiazza atau website www.malkelapagading.com

Mosaic Walk, Mall Kota Kasablanka Jakarta, Pukul 10.00-21.00 WIB, Telkomsel Umrah Fair

Acara berlangsung pada Rabu (11/12) – Minggu (15/12), masuk gratis

Kunjungi Telkomsel Umrah Fair di Mosaic Walk, di Mall Kota Kasablanka. Dapatkan paket Umrah mulai dari 20 juta sudah termasuk paket data Umrah Telkomsel 10 GB dan 45 menit telepon. Door Prize berupa 10 tabungan Haji & Umrah dari @bnisyariah, 2 paket Umrah Plus Turki dari @turkishairlines , Samsung S10 dan Voucher belanja.⁣

Akan hadir puluhan biro perjalanan umrah terpercaya dan terdaftar resmi di Kemenag RI yang menawarkan beragam paket umrah dan wisata halal selama 5 hari pameran.⁣

Info: www.telkomsel.com/umrahfair

Ballroom Level 7 Kuningan City, Jakarta, Festival Relawan 2019

Festival Relawan adalah salah satu acara di mana para relawan, organisasi dan tokoh inspiratif bertemu. Di sini kamu akan mendapatkan banyak ilmu mengenai kerelawanan.

Acara yang diinisiasi oleh @indorelawan, @campaign_id dan Indonesian Future Leaders @ifutureleaders bersama-sama menciptakan kegiatan kerelawanan menjadi hal yang positif untuk generasi kita.

Tahun ini Festival Relawan mengangkat tema “Bergerak Bersama Berdampak Besar.” Bersama-sama kita memberikan dampak bagi Indonesia.

Festival Relawan menghadirkan: panel diskusi berbagai isu, booth komunitas, community performance, drop box donasi, pasar toleransi (ask me anything), dan lain-lain!

Mau terinspirasi untuk memberikan kontribusi di Indonesia? Yuk segera daftar di festivalrelawan.com ajak teman relawan komunitasmu datang ya!

Info dan kontak: Instagram: @festivalrelawan, Website: festivalrelawan.com

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, Pukul 13.15-20.00 WIB, Star Party Observasi Bintang - UI

Acara ini membahas segala hal tentang astronomi, lho! Kamu juga akan belajar astronomi dan observasi benda langit bersama pakar astronomi.

Dengan menghadirkan pembicara: Evan Irawan Akbar SSi, MSi (Dosen Astronomi ITB), Drs Widya Sawitar (Pembina Himpunan Astronomi Amatir Jakarta)

Jadi tunggu apa lagi? Daftar sekarang juga melalui tautan dibawah ini: http://bit.ly/PendaftaranStarPartyPRFX

Info dan kontak: Instagram : @prf_ui atau Langga (081382968544/ line: langgacalvareno)

Lapangan Banteng, Jakarta Festival Gerakan Warung Nasional 2019, Festival Gerakan Warung Nasional 2019

Acara berlangsung pada Sabtu (14/12) – Minggu (15/12).

Festival Gerakan Warung Nasional adalah, bentuk nyata dari semangat Warung Pintar dan Mitra Tokopedia, demi memajukan ekosistem warung. Ini merupakan panggilan bagi seluruh elemen masyarakat untuk menggerakkan warung sebagai salah satu usaha mikro yang memberikan dampak besar bagi perekonomian Indonesia.

Di tahun 2019, Gerakan Warung Nasional akan dirayakan oleh lebih dari 15.00 pemilik warung sebagai bentuk apresiasi perjuangan masyarakat dan para pemilik warung. Momen ini kami harapkan dapat menginspirasi setiap lapisan masyarakat untuk terus berkolaborasi mengembangkan warung Indonesia.

Acara: Museum Perjalanan Warung, Panggung Hiburan, Fun & Learn Area 200 Lebih Brand & UMKM

Mari bergabung bersama kami menyebarkan semangat positif demi pemerataan ekonomi di Indonesia.

Info dan kontak: Instagram 1: @mitratokopedia, Instagram 2: @warungpintar.co

Boulevard Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Depok, Indonesia, Pukul 06.30 WIB, Fun Run Dentistry Emergency Carnaval 2019

Fun Run ini merupakan main event dari Dentistry Emergency Carnaval 2019, dengan pre-event berupa bakti sosial serta lomba poster publik. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya olah raga.

Pendaftaran: Rp100.000 (OTS-> Rp120.000)

Info dan kontak: Karina (081373892166) atau Engracia (085717572289)

Bentara Budaya Bali, Pukul 19.00 WITA, Dialog Sastra, Sastra dan Kemanusiaan

Program dialog sastra #68 di Bentara Budaya Bali, kali ini akan membincangkan perihal kisah-kisah kemanusiaan dalam karya sastra Indonesia dan dunia, berikut peran pengarang atau sastrawan dalam mengkritisi fenomena-fenomena sosial di sekitarnya. Terlebih pada era kini yang serba instan dan digital masihkah karya sastra berperan menginspirasi cara pandang masyarakat perihal nilai-nilai kemanusiaan, kesetaraan sekaligus penghargaan terhadap keberagaman?

Di sisi lain, akan dibahas pula mengenai bagaimana peran sastra di masa kini dan mendatang, sebagai sebuah refleksi sosial sekaligus sarana rekonsiliasi terhadap peristiwa maupun tragedi kemanusiaan yang terjadi di masa lalu. Dialog akan memperbincangkan pula pilihan sikap seorang sastrawan dalam kemelut sejarah. Apakah masih relevan mendikotomikan tujuan antara seni untuk seni atau seni untuk keterlibatan sosial?

Tampil sebagai narasumber dialog yakni Dr Dra Maria Matildis Banda MS (Sastrawan, Dosen FIB Universitas Udayana).

Minggu, 15 Desember

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Dongeng Nyeberang Batu oleh Sekar Swara : Hanindawan & Sruti Respati

Teks pertunjukan ini bersumber dari fragmen yang terdapat dalam serat Centhini, yang konon ditulis mulai 1820, atas kehendak Pangeran Adipati Anom, yang kemudian naik takhta sebagai Susuhunan Pakubuwana V.

Fragmen itu berupa dongengan yang disampaikan seorang ulama yang bernama Atiqah; sebuah dongeng tentang keutamaan perempuan. Dongeng tentang seorang perempuan yang dihadang berbagai ancaman; di dinding rumah, di jalanan dan di udara terbuka.

Pertunjukan ini disajikan dengan reverensi seni tutur, dan ditembangkan. Sebuah sajian yang intim, bersahaja, tetap enak di dengar dan ditonton.

Sutradara & penyusun lakon: Hanindawan. Musik: Glend.

Ciputra Artpreneur Theater, Pukul : 10:00 – 18:00, Drama Musikal Annira Jadilah Cahaya

Komunitas Santa Ursula Jakarta, dengan bangga mempersembahkan Drama Musikal Annira Jadilah Cahaya

Ibu Angela yang bekerja sebagai guru TK di sekolah Ursula berpikir bahwa putrinya sering membuang waktunya dengan media sosial yang tidak berguna. Di sisi lain Annira yang menganggap dirinya seorang influencer muda merasa ibunya gagap teknologi dan ketinggalan zaman.

Pertengkaran mereka kerap terjadi di lingkungan sekolah karena Annira adalah murid SMA Santa Ursula. Konflik masih sering terjadi meski kepala sekolah terus berupaya menengahi pertengkaran mereka. Ibu Angela menyadari betapa ia sangat menyayangi putrinya dan menginginkan hubungan yang harmonis dengan putrinya. Sementara Annira bertemu dengan segerombolan anak jalan yang menyelamatkannya dari bahaya.

Bincang-bincang dengan mereka membuat Annira sadar, bahwa banyak konflik yang terjadi sekitar mereka,dalam kegundahannya nasihat suster Kepala Sekolah  membuat Annira tergerak meluncurkan kampanye di media sosial demi Indonesia yang lebih baik.

Apakah Annira berhasil membat perubahan yang bermakna, akankah ibu Angela dan Annira menemukan cara memahami satu sama lain?

Acara ini turut dimeriahkan oleh: Ardhito Pramono, Didik SSS & Lourdes Callista, Regina Handoko, Pameran Pendidikan Sekolah Santa Ursula Jakarta TB-TK, SD, SMP, & SMA, Peluncuran Buku karya Guru & Komunitas Santa Ursula Jakarta, Stand aneka produk

Info lebih lanjut: Erna (081932138144), Synthia (081283134135)

Tanjung Budaya Dalem Pemuteran, Kecamatan Grogak, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia, Pemuteran Bay Festival 2019

Acara berlangsung pada Jumat (13/12) – Senin (16/12)

Festival yang dikemas melalui semangat pelestarian dan konservasi lingkungan. Pesona keindahan laut dan keragaman budayanya bakal kembali disajikan dengan lengkap di Pemuteran Bay Festival yang dimulai pada 13 -16 Desember 2019, di Tanjung Budaya Dalem Pemuteran, Kecamatan Grogak, Kabupaten Buleleng. Wisatawan yang sedang di Bali dapat berkunjung ke Kabupaten Buleleng menyaksikan berbagai acara yang terangkum dalam gelaran Pemuteran Bay Festival 2019 kali ini.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menilai "Pemuteran Bay Festival" (PBF) ke-5 Tahun 2019 di Tanjung Budaya, Pantai Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, dapat menjadi model pengembangan pariwisata yang berkelanjutan, karena tema "Taksu Guru Baruna" yang diusung bermakna melestarikan alam bawah laut. "Taksu Giri Baruna" yang disimbolkan dengan kekuatan Gajah Mina dengan kandungan makna esensi kekuatan suci yang patut disembah, dihormati, dan dijaga. Kekuatan Gajah Mina menegaskan kepada manusia agar senantiasa eling (ingat), dan bergerak bersama dalam kebersamaan untuk melaksanakan konservasi, perlindungan, serta revitalisasi terhadap berbagai kekayaan alam yang telah diberikan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

"Taksu Giri Baruna" yang diusung pada PBF 2019, mencerminkan konsistensi dari masyarakat Desa Pemuteran dalam menjaga ekosistem bawah laut, termasuk kehidupan terumbu karangnya.

Pemuteran Bay Festival, akan diisi dengan beragam agenda kegiatan setiap harinya seperti festival yoga, workshop pengenalan dan pendalaman metode konservasi terumbu karang dengan teknologi biorock, fotografi, permainan tradisional gebug ende dan lainnya yang dikemas dalam bentuk konservasi dan promosi pariwisata.

Pameran seni kreatif industri pariwisata bahari dan bazaar kuliner yang dibalut dengan pertunjukan seni budaya tradisi kontemporer dan musik juga melibatkan para seniman terkenal Bali antara lain Gus Teja World Musik, Joni Agung Double T, The Bodhi, Small Axe, Bintang, Relung Kaca, Gde Bagus X Factor, Rastafara Cetamol, Benih Kasih, yang akan saling berkolaborasi memeriahkan Pemuteran Bay Festival 2019.

Info: disparbuleleng@yahoo.com (0362)21342, http://dispar.bulelengkab.go.id

 

 

 

 

Editor : Sotyati

Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home