Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:13 WIB | Jumat, 05 Juli 2019

Acara Akhir Pekan 6 – 7 Juli 2019

Festival Biak Munara Wampasi (BMW) di Kabupaten Biak Numfor ke-7, tahun 2019. (Foto: Merdeka.com)

SATUHARAPAN.COM – Ada beberapa acara akhir pekan pada minggu di awal buan Juli ini yang menarik untuk disimak. Di antaranya pertunjukan musik orkestra, teater, festival kuliner, kontes robot, hingga The Crazy Toys Sale.

Tak ketinggalan, berlangsung pula beberapa festival budaya. Di antaranya International Semarang Night Carnival 2019, Festival Biak Munara Wampasi (BMW), dan Petualangan Bersama GoGo – Malang.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 6 Juli

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Musik Orkestra Kumpul Bocah oleh Trust Orchestra feat. Cyra Alesha dan Gabriella Santoso

Trust Orchestra Junior adalah suatu komunitas musik orkestra yang menaungi pemain musik berbakat usia 7-13 tahun. Hanya untuk penikmat seni Galeri Indonesia Kaya, Trust Orchestra Junior berkolaborasi dengan penyanyi muda Cyra Alesha, akan membawakan suatu pertunjukan musik dengan tema lagu anak-anak Indonesia.

Tak hanya musik, pertunjukan ini juga dimeriahkan dengan dongeng anak dari Gabriella Santoso untuk menghibur penonton anak-anak, sekaligus memperingati hari anak Indonesia. Pertunjukan ini dapat menghibur dan membawa penonton dewasa dalam nostalgia lagu anak di masa lalu, sekaligus menarik anak-anak dengan dongeng yang unik.

Ciputra Artpreneur Theater, Pentas Teater Musikal I La Galigo

Acara berlangsung pada Rabu (3/7) – Minggu (7/7).

Ciputra Artpreneur bekerja sama dengan Yayasan Bali Purnati dengan bangga mempersembahkan pertunjukan teater kelas dunia. I La Galigo merupakan sebuah pementasan yang naskahnya diadaptasi dari Sureq Galigo.

Sureq Galigo adalah wiracarita tentang mitos penciptaan suku Bugis yang terabadikan lewat tradisi lisan dan naskah-naskah, terekam dalam bentuk syair (sekitar abad ke-13 dan ke-15) dalam bentuk puisi bahasa Bugis kuno, yang juga ditulis dalam huruf Bugis kuno. Puisi ini terdiri atas sajak bersuku lima yang menceritakan kisah asal-usul manusia.

Press conference “I La Galigo” berlangsung di Ciputra Artpreneur Gallery, 21 Maret lalu, menghadirkan pembicara Tanri Abeng (Ketua Yayasan I La Galigo), Rina Ciputra Sastrawinata (Presiden Direktur Ciputra Artpreneur), Restu Kusumaningrum (Ketua Yayasan Bali Purnati), Rhoda Grauer (Adaptasi Naskah dan Dramaturgi), Gentille Andilolo (aktor), dan Sri Qadariatin (aktris).

Dalam versi adaptasi ke atas panggung ini, Sureq Galigo menjadi dasar dari sebuah kisah yang menggambarkan petualangan perjalanan, peperangan, kisah cinta terlarang, upacara pernikahan yang rumit, dan pengkhianatan. Semua ini merupakan plot cerita yang kemudian membentuk sebuah cerita besar yang menarik, dinamis, dan ternyata masih memiliki relevansi dengan kehidupan modern di zaman sekarang.

Ciputra Artpreneur dan Yayasan Bali Purnati mementaskan I La Galigo dengan misi yang sama, yakni ingin mengenalkan seni budaya Nusantara kepada masyarakat luas. Selama ini, sejak pentas perdananya di Esplanade Theatres on the Bay (Singapura) pada 2003, lakon ini terus menuai pujian saat digelar di kota-kota besar dunia, seperti: Lincoln Center Festival (New York) , Het Muziektheater (Amsterdam), Forum Universal de les Cultures (Barcelona), Les Nuits de Fourviere (Rhone-France), Ravenna Festival (Italy), Metropolitan Hall for Taipei Arts Festival (Taipei), Melbourne International Arts Festival (Melbourne), Teatro Arcimboldi (Milan), sebelum akhirnya kembali ke Makassar untuk dipentaskan di Benteng Rotterdam.

Baru-baru ini I La Galigo dipilih sebagai pementasan khusus berkelas dunia pada saat Annual Meetings IMF-World Bank Group 2018 di Bali. Bahkan, media sekelas The New York Times pun tak segan menyebutnya “stunningly beautiful music-theater work” ketika I La Galigo menjadi pembuka pada Festival Lincoln Center 2005.

I La Galigo merupakan sebuah harta seni budaya Indonesia. Penghargaan masyarakat internasional pada karya ini sudah terbuktikan, sehingga kini, sudah selayaknya masyarakat Indonesia juga dapat menyaksikan sebuah pentas mahakarya yang tak kalah menarik dengan kisah Mahabharata maupun Ramayana.

Pengguna kartu kredit dapat langsung bertransaksi di Loket.com. Pengguna kartu debit dapat langsung hubungi Ciputra Artpreneur di bit.ly/ca_ilg

Mal Mangga Dua, Jakarta, Best Food Festival 2019

Acara berlangsung pada Senin (1/7) – Minggu (14/7).

Bagi food lovers, ada acara Best Food Festival di #malmanggadua pada tanggal 1-14 Juli 2019. Nikmati lezatnya ragam menu makanan khas Nusantara.

Ditawarkan berbagai macam menu makanan terenak seperti: Nasi Pedas Bali “Made”, Soto dan Miso Medan Kedai Agape, Makanan Manado Tonsea by MJ Culinary, Pempek Palembang 69, Gudeg Jogja Pawoen Anglo, Ayam Goreng “Koe”, Sate Ayam Cak Idrus, Sate Padang Petak IX, Soto Gandul, Cuanki Bandung Mang Udin, Bakso Iga Pak Topi, Sroto Asli Sokaraja Purwokerto, Soto Mie Bang Topik, Mie Kocok Bandung Marika, Es Sinar Garut, Es Durian Iko Gantinyo, Pisang Goreng Srikaya “Ahou”, Dawet Ireng “Wong Ndeso”, Ketan Susu Kemayoran 1958, Cakwe Medan Ancol 1971, Tahu Gejrot & Kue Lekker Arjuna, Toge Goreng, Kue Ape Cubit Pancong Rangi, Kerak Telor

Dapatkan hadiah menarik setiap pembelian dengan total transaksi sebesar Rp 150,000 di stand kuliner.

Info dan kontak: Facebook: Mal Mangga Dua, Twitter & Instagram: @mal_manggadua

Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah, Bukalapak Parjo 2019

Acara berlangsung pada Sabtu (6/7) – Minggu (7/7), tiket masuk Rp35.000.

Pembelian Online (only at @bukalapak)

Link Tiket bukl.pk/bukalapakparjo2019

Info dan kontak: Facebook: Parjo Pasar Jongkok Otomotif, Instagram: @parjo_id, Website: parjo.id

Bundaran Tugu Tarian Langit – Kota Harapan Indah, Bekasi , Ice Cream Festival Bekasi 2019

Acara berlangsung pada Sabtu (6/7) – Minggu (7/7).

Bagi Ice Cream Lovers⁣⁣⁣, ada kesempatan menikmati 20 menu kreasi ice cream spesial hanya dengan Rp10.000. â£â£â£â£

Dapatkan kupon presale serba Rp 10.000 (dalam bentuk struk) di kasir Alfamart & Indomaret. ⁣

Simpan struk nya dan nanti akan ditukarkan dengan Kupon Menu Ice Cream di Tiket Box Event ⁣⁣

Info dan kontak: Instagram: @icecream_fest⁣

Elevation GF, Pluit Village Mall, Jakarta, The Crazy Toys Sale

Acara berlangsung pada Senin (1/7) – Minggu (31/8).

The Crazy Toys Sale bagi toys lovers, dengan tawaran diskon spesial hingga 90 persen untuk  Favorite Kids Toys!

Info dan kontak: Facebook: Pluit Village Mall, Instagram: @pluit_village

Hall D4, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Java Robot Contest X 1st Decade

Acara berlangsung pada Sabtu (6/7) – Minggu (7/7).

Kategori Lomba: Human Robot Coorperation: Robot Transporter Manual (Kategori Peserta SD); Connected System: Robot Line Tracer Mikro/Analog, Transporter Manual (Kategori Peserta SMP); Cloud Storage: Robot Line Tracer Mikro, Transporter Manual (Kategori Peserta SMA); Advanced Robotic: Robot Line Tracer Mikro, Bot Battle  Robot Sumo (Kategori Peserta Umum)

Biaya Pendaftaran : 1 Tim Rp 270.000/Tim, 1 Tim: Rp 250.000/Tim

Kategori Peserta: Pelajar  1 tim maksimal terdiri atas 3 orang dari sekolah/komunitas yang sama; Umum 1 tim maksimal terdiri atas 2 orang tanpa ada batasan usia.

Total Hadiah Rp45.000.000.

Info dan kontak: Perlombaan 0813 3207 0551 (Ghagas), Pendaftaran 0815 5579 2360 (Umrotul), Transportasi 0822 1493 1206 (Sholahudin)

Lingga Jati Plaza, Jombang, Gramedia Back to School

Acara berlangsung pada Senin (1/7) – Rabu (31/7).

Gramedia Back to School: pameran buku, alat tulis dan perlengkapan sekolah, boneka, dompet, koper, buku tulis harga khusus

Info dan kontak: Bagus-081555485734 (wa), Ijaf-082245080238(wa)

Lap Parkir Depan Plaza Medan Fair, Pasar Malam Modern

Acara berlangsung pada  Jumat (5/7) – Minggu (25/8), Weekday: 15.00 - 23.00, Weekend: 11.00 - 24.00.    

HTM: Regular Weekday: Rp15.000, Regular Weekend Rp20.000, Terusan Weekday Rp100.000, Terusan Weekend Rp125.000

Info dan kontak: Instagram: @plazamedanfair

Planet Sains Jalan Cikutra Barat, Pukul 09.00-10.30 WIB, Pasir Reuma No 84 Bandung,  Liburan Anak Juli 2019

Mari bergabung bersama PLANET PENEMU Calon Ilmuwan Kimia Indonesia. Mengenal kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang menyenangkan

Apa saja kegiatan yang akan dilakukan ? Mengenal kimia dalam kehidupan sehari-hari, membuat larutan kimia berubah warna, membuat busa super besar, mencoba berbagai alat peraga iptek sederhana, games putar roda hadiah. 

Tautan lokasi: https://goo.gl/maps/CwdKBt1MhMK2

Peserta: usia 5-12 tahun, Biaya program: Rp150.000/anak

Fasilitas yang didapatkan: Instruktur berpengalaman, alat dan bahan kegiatan, bawa pulang hadiah kit eksperimen

Mencoba berbagai alat peraga iptek sederhana, Dokumentasi kegiatan.

Pendaftaran: http://bit.ly/daftarpenemukimia

Informasi lebih lanjut WA ke 089504242011 (Kak Nabila)

Bentara Budaya Bali, Pukul 18.00 WITA, Pertunjukan Seni Kolaborasi Lintas Bangsa Territorium (A Visual Concert  Performance)

Ini adalah pertunjukan kolaborasi lintas bangsa, merujuk tajuk “Territorium“, buah kerja sama dengan KULTUR…DET – Arts Council Norway dan Kementerian Luar Negeri Norwegia serta didukung Bentara Budaya Bali. Bukan semata pertunjukan dengan lakon pilihan tertentu, melainkan terdepankan sebagai  “A Visual Concert Performance“, melibatkan kreator-kreator dari berbagai latar bidang seni dan negeri. 

Proses cipta pertunjukan kolaborasi lintas bangsa ini terbilang panjang, tidak hanya diolah di Norwegia, namun juga sebagian adegan dikreasi dan disublimasi di Tokyo, serta melibatkan koreografer Bali, Wayan Purwanto. Ide atau gagasan yang dipresentasikan terinspirasi mitologi yang hidup dalam khazanah kebudayaan Nordik, Avant Garde Jepang, dan Dadaisme Eropa.

Melalui tahapan konstruksi dan dekonstruksi yang berulang perihal peran, identitas, ruang pribadi dan sosial; yang secara keseluruhannya terangkum di dalam penegasan akan hubungan antarkita, berikut konvensi yang mempertautkan hubungan-hubungan tersebut. Ini merupakan sebentuk pertunjukan kolase, mempresentasikan sebuah ruangan di mana "sense" dan "non-sense“ diselaraskan atau disatu-padukan. Segenap unsur yang berbeda latar, masing-masing memiliki peran yang esensial dalam keseluruhan bangunan musikal yang bersifat polifonik.

Sebagai penampil Oystein Elle (vokal, instrumen), Maren Elle (violin), dan Wayan Purwanto (koreografer, penari). Pertunjukan ini disutradarai oleh Janne Hoem sekaligus sebagai kreator bersama Oystein Elle. Territorium oleh Oystein Elle/Capto Musica, produser Nina Ziegemann.

Oystein Elle,memiliki latar belakang dan pendekatan eklektik baik sebagai pemain maupun komposer, serta aktif dalam berbagai seni pertunjukan. Elle adalah pemain "Extended Vocal Techniques“, dengan konsep multi-faceted sebagai unsur penting komposisi dalam produksinya. Ia juga mendalami musik Baroque, dan estetika musik maupun seni panggungnya dapat dengan jelas ditautkan dengan sumber inspirasi Baroque, Dadaisme, Eropa, dan Avant-Garde Amerika Utara. Gaya bermusiknya dapat digambarkan sebagai poly-stylistic, bergantian antara menjadi, atonal, melodis, noises-based, collagedriven, dan improvisasi.

Oystein menyelesaikan pendidikan di Konservatori Musik, Agder University, dan di HKU University of the Arts di Utrecht, Belanda. Tahun 2017 ia menyelesaikan doktor di bidang artistik "Capto Musicae" dengan fokus utama komposisi lintas disiplin. Penelitiannya ini dibiayai oleh Norwegian Artistic Research Program yang terkait dengan Norwegian Theatre Academy/Ostfold University College, tempat Elle sekarang bekerja sebagai associate professor di bidang musik/suara/menyanyi, dan komposisi lintas disiplin.

Jalan Imam Bonjol – Jalan Kapten Piere Tendean – Balaikota Semarang, International Semarang Night Carnival 2019

Acara berlangsung pada Selasa (2/7) – Sabtu (6/7).

Semarang Night Carnival (SNC) adalah event tahunan bertaraf internasional yang telah menjadi agenda rutin Pemerintah Kota Semarang. Yang istimewa pada gelaran SNC kali ini, selain  karnaval peserta SNC, juga akan dimeriahkan dengan pawai Budaya 98 kota anggota APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia) yang pada tanggal 2 – 6 Juli mengikuti Rakernas APEKSI di Kota Semarang.

Info dan kontak: Instagram: @pemerintahkotasemarang

Kabupaten Biak Numfor, Festival Biak Munara Wampasi (BMW)

Acara berlangsung pada Senin (1/7) – Sabtu (6/7)

Festival Biak Munara Wampasi (BMW) merupakan acara tahunan yang digelar di Kabupaten Biak Numfor dan masuk dalam Calendar of Event (COE) Kemenpar 2019. Festival ini telah memasuki tahun ke-7. Festival ini akan dimeriahkan dengan beragam kegiatan, mulai dari konser musik hingga sajian pesona kuliner khas lokal.

Tahun ini, Festival Biak Munara Wampasi mengusung tema “Mengatkan Budaya, Membingkai Pesona” yang diharapkan dapat mengangkat potensi pariwisata daerah setempat, serta melestarikan adat istiadat budaya asli masyarakat Biak.

Sejumlah kegiatan juga telah dipersiapkan, antara lain konser musik tradisional, lomba mancing, diving, parade wairon, parade wor dan yospan (parade lagu dan gerakan tarian), serta pesona kuliner dengan acara makan papeda, keladi dan ikan. Selain beberapa kegiatan di atas, festival ini juga akan menampilkan pentas budaya unik khas Biak, antara lain snap mor atau menangkap ikan di air laut surut, dan apen beyeren atau berjalan kaki di atas batu panas.

Sebelum penutupan di hari terakhir, akan digelar acara puncak yang bertajuk ‘Enjoy Biak’, meliputi senam, jalan santai, dan konser musik akustik Biak. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Biak belum menikmati makanan khas daerah tersebut. Biak terkenal dengan aneka kuliner lezat, beberapa di antaranya adalah papeda kuah kuning, martabak sagu, dan sate ulat sagu.

Selain menikmati sejumlah pertunjukan yang ada, para wisatawan juga dapat melakukan snorkeling untuk mengamati biota laut dan terumbu karang di Spa Bia. Daerah ini juga memiliki destinasi wisata unggulan lain yang bisa menjadi rekomendasi wisata Anda berikutnya, yakni Telaga Samares, Pantai Batu Picah, dan Gua Jepang

Minggu, 7Juli

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15:00 WIB, Pertunjukan Teater Damai itu Keren oleh Sanggar Aktor Cilik Indonesia

Drama teater Damai itu Keren, bercerita tentang kisah kehidupan masyakarat di sebuah kampung yang terletak di daerah Sumatera Selatan, dimana bermacam suku, seperti Lampung, Ambon, Kalimatan, dan Padang hidup bersama. Kemajemukan suku membuat kebiasaan hidup di kampung tersebut menjadi beragam.

Kisah ini diawali dari sekelompok orang pengacau yang berniat melakukan kejahatan, yaitu menculik anak salah satu orang kaya dari kampung lainnya. Anak itu adalah anak bangsawan yang baik hati dan suka sekali membagikan rezeki kepada yang tidak mampu. Kebaikan hati sang bangsawan dimanfaatkan oleh ketua geng pencuri untuk menculik anaknya dan meminta tebusan.

Aksi kejahatan itu berhasil dilumpuhkan oleh ratu dan sekolompok peri hutan, yang memang bertugas menjaga kerukunan antarkampung itu. Ratu hutan sendiri terkenal dengan keputusannya yang tegas namun tetap adil. Keributan antarkampung terjadi demi usaha menyelamatkan anak sang bangsawan.

Sanggar Aktor Cilik indonesia berdiri pada tahun 2016. Sebuah sanggar yang mendidik anak anak dalam seni peran (akting), dance dan rupa. Beberapa karya telah dipentaskan di antaranya “Bawang Merah Bawang Bombay“ (2016, Taman Mini Indonesia Indah), “Si Arik“ (Festival Teater tradisi se-Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah dan meraih gelar juara 2), "Kampung Lawang“ (Galeri Indonesia Kaya, 2017), “Arti Sahabat“ (dalam Inspiring Womenpreneur FX Sudirman).

Saat ini sanggar Aktor Cilik Indonesia telah beranggotakan 62 anak dalam rentang usia 3 – 15 tahun, dan sebagian besar anggotanya telah berkecimpung sebagai aktor film, sinetron, ftv juga iklan.

Bentara Budaya Bali, pukul 18.30 WITA, Pemutaran Film Fete Du Cinema

Pemutaran film kali ini menghadirkan dua film terpilih dari Prancis serangkaian Fete du Cinema 2019, buah kerja sama Institut Français d'Indonésie dan Alliance Francaise Bali dengan Bentara Budaya Bali. Fete du Cinema atau Pesta Sinema merupakan sebuah festival film Prancis yang diselenggarakan di berbagai belahan dunia, terangkai dalam tematik tahunan dan berbagai kegiatan tertaut lainnya.

Khusus pemutaran di Bentara Budaya Bali akan ditayangkan film petualangan keluarga Belle et Sebastien (2013, Sutradara: Nicolas Vanier) dan sinema bergenre komedi, Le Nouveau (2015, Sutradara: Rudi Rosenberg). Sebagaimana pemutaran film biasanya, program kali ini masih diselenggarakan dengan konsep misbar layar lebar di ruang terbuka, mengedepankan suasana nonton bersama yang guyub, hangat, dan akrab. Selain di Bentara Budaya Bali, Pesta Sinema di Bali akan diselenggarakan pula di Mash Denpasar.

Pemutaran film di Bentara Budaya Bali bersifat bebas bea (tanpa karcis masuk).

Tlogoland Wisata Alam, Malang, Petualangan Bersama GoGo – Malang

Petualangan Bersama GoGo - Malang

Event Kid’s Playdate bertujuan untuk mengedukasi anak-anak tentang ilmu bercocok tanam dan mengenalkan lebih dalam tentang lingkungan

Info dan kontak: 0815-1506-6388 (Onky), line : Tlogoland.me

*Akan mendapat diskon apabila datang bersama rombongan minimal 25orang.

TempatPendaftaran: 50k/Anak, dan 30k/Pendamping

Agenda Solo Raya

Dinas Pariwisata Kota Solo menggelar sejumlah agenda menarik pada Juli 2019. Agenda tersebut dibuat guna menambah daya tarik wisatawan datang ke Kota Solo, Jawa Tengah.

Balaikota Surakarta, Internasional Mask Festival, acara berlangsung pada Jumat (5/7) – Sabtu (6/7).

Solo Paragon Mall, Hello Food Festival , pada Jumat (5/7) – Minggu (7/7)  

Teater Besar ISI Surakarta, Festival Ketoprak, Pukul 19.00 WIB, pada Sabtu (6/7) – Minggu (7/7)

Semanggi Solo, Festival Dawet, pada Minggu (7/7)

 

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home