Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:28 WIB | Jumat, 04 Desember 2020

Adolf Hitler Terpilih Menjadi Anggota Dewan Kota Namibia

Adolf Hitlet Uunona, terpilih menjadi anggota dewan kota di Namibia. Dia terkenal bukan karena kemenangannya, tetapi karena namanya. (Foto: dok. Ist.)

NAMIBIA, SATUHARAPAN.COM-Sementara banyak orang Namibia memiliki nama yang berasal dari bekas kekuasaan kolonial Jerman, seorang anggota dewan kota yang baru terpilih menjadi terkenal bukan karena kemenangannya, tetapi karena ia bernama Adolf Hitler.

Adolf Hitler Uunona, 54 tahun, seorang politisi dari partai SWAPO yang berkuasa pekan lalu terpilih sebagai anggota dewan pemerintah daerah untuk daerah pemilihan Ompundja di Namibia utara, dengan 85 persen surat suara diberikan.

Terdengar sedikit kesal, Uunona mengatakan kepada AFP pada hari Kamis (3/12) bahwa dia bingung karena orang-orang tertarik dengan namanya yang diambil dari salah satu diktator paling terkenal di dunia.

Dia menolak untuk membahas alasan dia diberi nama Adolf Hitler. "Saya tidak akan menghibur dengan percakapan, tidak ada alasan kita harus duduk di sini, membicarakan semua tentang nama saya," balasnya.

“Anda benar-benar ingin kami membicarakan nama saya sepenuhnya? Bagaimana hal itu akan membuat Namibia menjadi negara yang lebih baik, bagaimana hal itu akan berkontribusi pada perkembangan negara kita?” Uunona bertanya saat dihubungi wartawan AFP.

Jerman menjajah Namibia, kemudian menjadi Afrika Barat Daya, dari tahun 1884 hingga 1915.

Setelah Perang Dunia I, Liga Bangsa-bangsa mengamanatkan Afrika Selatan untuk mengatur wilayah itu sebagai protektorat yang memerintah selama 75 tahun.

Penjajah Jerman di Namibia menewaskan puluhan ribu orang Herero dan Nama asli dalam pembantaian dari tahun 1904 hingga 1908, yang oleh para sejarawan disebut sebagai genosida pertama abad ke-20. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home