Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 18:14 WIB | Jumat, 14 Juni 2013

Akhir Abad Ini Penduduk Dunia Capai 11 Milyar

Anak-anak di Afrika (foto: dailymail.co.uk)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Jumlah manusia di bumi akan mencapai hampir 11 milyar pada akhir abad ini. Perhitungan ini berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan Profesor Adrian Raftery beserta tim dari University of Washington. Sebelumnya pada tahun 2011 PBB memperkirakan jumlah penduduk akan mencapai 10,1 miliar pada akhir abad 2100.

Dari hasil penelitian itu, peningkatan jumlah penduduk dunia terutama akibat kenaikan tingkat kelahiran di Afrika yang tinggi. Para peneliti memperkirakan tingkat kesuburan di benua termiskin terus meningkat, dimana seorang wanita akan melahirkan rata-rata 5,2 anak selama hidupnya, lebih cepat terjadi dari perkiraan sebelumnya.

Penduduk Afrika saat ini adalah sekitar 1,1 miliar dan diperkirakan akan mencapai 4,2 miliar pada tahun 2100.

Profesor Adrian Raftery mengatakan: "Penurunan tingkat fertilitas di Afrika telah melambat atau terhenti daripada yang kita prediksi sebelumnya, dan sebagai hasilnya penduduk Afrika akan naik."

Sebuah studi tahun lalu menemukan pergeseran tren populasi, bahwa satu dari tiga anak yang lahir mulai tahun 2050 adalah dari benua Afrika. Perkiraan baru ini didasarkan pada metode statistik yang sudah dikembangkan oleh Prof Raftery dan rekan yaitu menggunakan metode data tingkat harapan hidup.

Di wilayah lainnya, diperkirakan hanya sedikit perubahan besar pada jumlah populasi. Eropa diperkirakan malah mengalami penurunan karena tingkat fertilitas terus di bawah tingkat kematian, dan negara-negara lain di seluruh dunia akan mengalami sedikit kenaikan berdasar tingkat harapan hidup, kata Prof Raftery. Tetapi kondisi di wilayah lain itu tidak akan menghambat peningkatan jumlah penduduk dunia.

Afrika tumbuh cepat karena masih muda. 10 populasi termuda di dunia semua dari benua Afrika, dipimpin oleh Nigeria dengan perkiraan 48,9 persen penduduknya berusia di bawah usia 14 tahun, selanjutnya Uganda dan Mali.

Sementara masalah kelaparan, kemiskinan, penyakit juga kondisi perang yang ada di Afrika juga tidak banyak mempengaruhi karena jumlah keluarga yang memiliki banyak anak jauh lebih banyak. Populasi dunia pada 2011 mencapai 7 miliar, sebelumnya tercatat sebanyak 6 miliar pada tahun 1999.

(dailymail.co.uk)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home