Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 17:25 WIB | Selasa, 09 September 2014

Aktor Kulit Hitam Mainkan Karakter Utama di Panggung Teater Inggris

Lucian Msamati. (Foto: independent.co.uk)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Royal Shakespeare Company, untuk pertama kali dalam sejarahnya, memilih aktor berkulit hitam untuk memerankan karakter Iago dalam Othello.

Tragedi Othello adalah sandiwara karya pujangga William Shakespeare yang ditulis pada 1603 berdasarkan cerita pendek Un Capitano Moro karya Cinthio. Sandiwara itu berkisah tentang cinta, iri hati, pengkhianatan, dan rasisme di sekitar kehidupan empat karakter utama, yakni Othello, seorang jenderal bangsa Moor di tentara Venesia, istrinya Desdemona, dan dua letnan Cassio dan Iago.

Lakon itu terus dimainkan hingga saat ini di panggung-panggung teater di seluruh dunia.  Kali ini, Royal Shakespeare Company, kelompok teater yang berbasis di kampung halaman Williams Shakespeare, Stratford-upon-Avon, untuk pertama kali mempercayakan karakter jahat Iago ke tangan aktor berkulit hitam Lucian Msamati (38).

Lucian Msamati adalah aktor Inggris berdarah Tanzania, yang dikenal melalui Game of Thrones. Ia akan memainkan karakter jahat itu dalam pergelaran lakon itu di musim panas mendatang.

Kabar itu menjadi bahasan utama di media-media Inggris, karena Msamati akan tampil bersama aktor berkulit hitam lain, Hugh Quarshie (59). Quarshie dikenal  aktingnya melalui Highlander (1986) dan Star Wars Episode I: The Phantom of Menace (1999).  

Tidak pernah sebelumnya dua peran utama itu dimainkan oleh aktor hitam. Direktur artistik Gregory Doran mengakui langkah itu akan mengguncang panggung drama dan memunculkan tudingan politik rasial.

Dalam konferensi pers pada penggal awal September, Doran menjamin pergelaran itu bakal menarik. “Saya menjamin karena saya sungguh-sungguh menonton kekuatan akting Hugh (Quarshie) ketika ia berhadapan dengan aktor kulit putih yang berperan sebagai Iago. Sungguh hebat,” katanya.  

“Kini ditambah dengan tampilnya Lucian (Msamati), setiap bagian adegan akan menjadi tampilan baru yang segar, dan itu menantang seluruh pemain untuk berakting seperti saya harapkan menemukan sesuatu yang baru. Anda akan menyaksikan akting dua aktor yang benar-benar hebat dan itulah isu besarnya,” Doran menambahkan.

Lucian Msamati mengaku sangat tersanjung dan senang mendapatkan kepercayaan memainkan peran Iago. Lahir di Inggris, 5 Maret 1976, dengan nama Lucian Gabriel Wiina Msamati, ia dibesarkan di Zimbabwe, ketika orangtuanya, pasangan ibu perawat dan ayah dokter berdarah Tanzania, bekerja di negara itu. Sebagai aktor, ia tampil dalam The International (2009), The Legend of the Sky Kingdom (2004), The No 1 Ladies' Detective Agency (2008).

"Kembali ke panggung Royal Shakespeare Company, memainkan karakter ikonik dengan lawan main aktor terkenal di negara ini, tampil di hadapan penonton setia, dengan arahan sutradara cerdas, tak pernah saya bermimpi seindah ini,” kata Msamati kepada Evening Standard. (independent.co.uk/IMDb/wikipedia.org

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home