Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Kartika Virgianti 21:07 WIB | Kamis, 03 April 2014

Anggaran Jalan Kawasan Strategis Rp 42 Miliar

Ilustrasi jalan rusak di Jalan M. Kahfi, Jagakarsa, Jakarta Selatan. (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, Manggas Rudi Siahaan mengatakan alokasi anggaran untuk pembangunan maupun perbaikan jalan di lokasi strategis di Jakarta sebesar lebih kurang Rp 42 Miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Dia katakan bahwa anggaran tersebut memang sudah dianggarkan di APBD.

Kawasan strategis tersebut misalnya di depan Mabes TNI, akan dilebarkan sampai 20 meter. Rencananya, jalan pintu keluar masuk Mabes TNI sampai tol akan dibangun sepanjang 1,3 kilometer dengan lebar 20 meter.

“Itu akan dilaksanakan tahun ini baik pembebasan tanah maupun konstruksinya dari DKI. Anggarannya kira-kira 42 miliar, itu termasuk juga ada taman RTH (ruang terbuka hijau) dan pembebasan tanah,” kata Manggas di Balai Kota, Kamis (3/4).

Menurut Manggas, banyak jalan-jalan di Jakarta yang belum ideal, meskipun trasenya sudah ada semuanya. Misalnya di suatu jalan hanya terdapat dua jalur, padaal seharusnya empat jalur, seperti jalan yang terdapat di Cilangkap, Jakarta Timur. Kawasan yang ia maksud itu setara dengan jalan di Pentagon, Amerika Serikat.

“Tahun ini ditargetkan rampung. Kita segera lakukan sekarang inventarisasi dengan wali kota dan lakukan percepatan-percepatan lainnya,” tutur Manggas.

Kawasan strategis lainnya yang akan dibangun jalan antara lain, di Kanal Banjir Barat (KBB) akan dibangun jalan inspeksi dari Manggarai, Jakarta Selatan sampai Waduk Pluit, Jakarta Utara, jalan inspeksi itu akan dibangun di sisi kanan dan kirinya.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home