Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 16:55 WIB | Selasa, 19 April 2016

AS Bantu Nilai Kerusakan Gempa Ekuador

Sebuah bangunan tampak rusak akibat gempa di Ekuador (Foto: AFP)

QUITO, SATUHARAPAN.COM –  Para pakar bencana Amerika Serikat (AS) yang tergabung dalam United States Agency For International Development  (USAID) membantu pemerintah Ekuador dalam menilai  kerusakan bangunan dan identifikasi kebutuhan kemanusiaan dalam bencana gempa Ekuador. 

"Pemerintah Ekuador telah menerima tawaran bantuan AS untuk upaya penanggulangan bencana," kata keterangan resmi  USAID  seperti dijelaskan situs berita ITV, hari Selasa (19/4).

Dalam siaran resmi tersebut ditambahkan tim tersebut akan bekerja sama dan berkoordinasi untuk mengkoordinir bantuan bagi korban gempa yang membutuhkan.

Selain dengan USAID, Pemerintah Ekuador juga berkoordinasi dengan Badan  PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) dan Badan Koordinasi Bencana dan Penilaian  (UNDAC). Kepala Koordinasi Bantuan Darurat PBB, Stephen O’Brien mengemukakan pihaknya sudah tiba di Ekuador  untuk melihat sendiri dampak dari gempa tersebut.

“Pihak berwenang mengkaji dampak dan kerusakan, tapi sejauh ini kita tahu bahwa di Provinsi Manabi dan Esmeralda gempa merusak dan menghancurkan  rumah sakit, jalan raya, tempat usaha,” kata O’Brien.

O’Brien mengemukakan dalam pengamatannya di Provinsi Esmeralda  banyak orang tidak lagi memiliki listrik di kediamannya dan berlindun di pusat evakuasi.   

Dalam catatan ITV, hari Selasa (19/4) sejauh ini, jumlah korban meninggal dunia akibat gempa di Ekuador telah bertambah menjadi 413 orang. Korban tewas ini termasuk sejumlah warga negara asing yang tinggal di Ekuador. Sedangkan korban luka-luka dilaporkan mencapai lebih dari 2 ribu orang. (itv.com/un.org).

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home