Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:40 WIB | Jumat, 17 Februari 2017

AS Sangat Mendukung Solusi Dua Negara Israel dan Palestina

Presiden AS Donald Trump dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menggelar jumpa pers di Gedung Putih Washington DC pada 15 Februari 2017. (Foto: AFP)

PBB, SATUHARAPAN.COM - Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB Nikki Haley membantah bahwa AS meninggalkan solusi dua-negara dalam konflik Israel dan Palestina, Kamis (16/2), mengatakan bahwa Washington "benar-benar" mendukung kebijakan tersebut, tetapi ingin membuat ide-ide baru tentang bagaimana solusi itu diterapkan.

"Siapa saja yang ingin mengatakan bahwa AS tidak mendukung solusi dua negara, itu adalah salah," kata Haley kepada para wartawan di PBB.

"Kami benar-benar mendukung solusi dua-negara, tetapi kami juga berpikir berbeda," kata Haley setelah sebuah pertemuan Dewan Keamanan yang membahas konflik Israel dan Palestina.

Komentarnya muncul untuk meredam pernyataan dari Presiden Donald Trump, yang pada Rabu mengumumkan bahwa AS tidak akan bersikeras pada solusi dua-negara dalam konflik tersebut.

"Saya melihat solusi dua-negara dan satu-negara, dan saya suka dengan solusi yang disukai oleh kedua belah pihak," kata Trump di Gedung Putih dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Pernyataan itu dipandang sebagai pembatalan dari kebijakan AS sebelumnya dan dari konsensus internasional tentang pengakuan negara Palestina sebagai bagian dari kesepakatan damai akhir Timur Tengah. (AFP)

 

Back to Home