Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 14:36 WIB | Rabu, 19 Juni 2013

Asosiasi Medis Amerika: Kegemukan Adalah Penyakit

CHICAGO, SATUHARAPAN.COM – Asosiasi Medis Amerika memutuskan untuk  mengakui bahwa kegemukan (obesitas) sebagai penyakit. Dengan demikian, menurut organisasi para dokter terbesar di Amerika itu, obesitas membutuhkan berbagai intervensi medis untuk pengobatan dan pencegahannya.

Keputusan itu diambil dalam pertemuan tahunan asosiasi tersebut di Chicago. Para ahli tentang obesitas telah berjuang selama bertahun-tahun untuk mendapat pengakuan bahwa kegemukan diakui sebagai penyakit yang layak untuk mendapatkan perhatian medis dan dicakup dalam asuransi sebagaiamana perlakuan terhadap penyakit lain.

Sebelumnya, American Medical Association (AMA) telah menyebut obesitas sebagai masalah kesehatan masyarakat yang utama. Pengakuan ini membawa banyak pengaruh, kata Samuel Klein, Direktur Center for Human Nutrition pada  School of Medicine Washington University di St Louis.

"Aspek yang paling penting dari itu adalah bahwa AMA dihormati oleh kedokteran Amerika. Pendapat mereka dapat mempengaruhi pembuat kebijakan yang bertanggung dalam posisi untuk berbuat lebih banyak dalam mendukung intervensi dan penelitian untuk mencegah dan mengobati obesitas,” kata Klein.

Diperkirakan bahwa sepertiga orang dewasa Amerika mengalami obesitas. Mereka kelebihan berat badan sekitar 35 pound  (14 kilogram) dari berat badan yang sehat. Sedangkan pada anak-anak dan remaja, satu dari tiga anak mengalami kegemukan.

Obesitas diyakini meningkatkan risiko pada banyak penyakit, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Patrice Harris, seorang anggota AMA, mengatakan bahwa menyadari obesitas sebagai penyakit akan membantu mengubah cara komunitas medis menangani masalah yang kompleks ini, yang diperkirakan mempengaruhi sepertiga jumlah penduduk Amerika.

Menurut Triangle Park, sebuah lembaga penelitian di Karolina Utara, jika jumlah orang Amerika yang mengalami obesitas terus tumbuh, maka sekitar 42 persen penduduk negeri ini akan menderita kegemukan pada 2030.

Masalah obesitas ini diperkirakan menguras miliaran dolar AS setiap tahunnya. Biaya untuk mengobati seorang pasien obesitas diperkirakan mencapai US$ 1.400 lebih mahal dibandingan biaya kesehatan untuk orang berberat badan normal, dalam setahun. (usatoday.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home