Loading...
FOTO
Penulis: Sabar Subekti 10:00 WIB | Rabu, 17 Februari 2021

Bagaimana Rupa Permukaan Planet Mars?

Bagaimana Rupa Permukaan Planet Mars?
Sebuah selokan di bukit pasir Kawah Matara di permukaan Mars, diukir oleh es kering musiman yang menumpuk setiap tahun. (Foto-foto: NASA/JPL-Caltech/Universitas Arizona)
Bagaimana Rupa Permukaan Planet Mars?
Sebidang bukit pasir barchan tampak biru kehijauan di permukaan Mars dalam gambar yang disempurnakan ini, diambil oleh Mars Reconnaissance Orbiter.
Bagaimana Rupa Permukaan Planet Mars?
Dua kawah muda secara geologis di permukaan Mars.
Bagaimana Rupa Permukaan Planet Mars?
Tebing es purba di permukaan Mars, menampilkan dinding tebing berdebu berwarna coklat dan es berwarna biru muda.
Bagaimana Rupa Permukaan Planet Mars?
Sebuah pemandangan menunjukkan Mars dalam gambar yang diambil setelah wahana “Hope” milik UEA memasuki orbit dalam misi Mars dari negara Arab pertama, Februari 2021. (Foto: Badan Antariksa Uni Emirat Arab/Pusat Antariksa Mohammed bin Rashid/LASP/EMM-EXI)
Bagaimana Rupa Permukaan Planet Mars?
Fitur bulat yang kasar di area yang disebut Teluk Yellowknife. Ciri-ciri ini ditafsirkan sebagai konkresi, yang menyiratkan bahwa mereka terbentuk di air yang meresap melalui pori-pori sedimen. Konkresi bola sebelumnya telah ditemukan di batuan lain di Mars. (Foto: NASA/JPL-Caltech/MSSS)

SATUHARAPAN.COM-Planet Mars yang terdekat dengan planet kita, Bumi, telah menjadi objek penelitian yang mengundang ilmuwan dari Amerika Serikat, Rusia, China, dan UEA untuk menyelidiki planet itu.

Planet Mars sejak lama jadi sumber imajinasi dan punya daya tarik amat kuat untuk misi luar angkasa setelah misi ke bulan. Namun misi ke planet merah itu juga terbukti cukup sulit, dan bahkan jadi kuburan sejumlah proyek ambisius.

Sejumlah wahana ruang angkasa dilaporkan meledak, terbakar habis atau terbanting saat mendarat di planet merah itu. Jumlah kegagalan misi ke Mars mencapai kuota sekitar 50%. Upaya Cina yang berkolaborasi dengan Rusia untuk mendaratkan wahana di planet Mars pada 2011 misalnya, berakhir dengan kegagalan.

Sejauh ini hanya Amerika Serikat dan Uni Soviet yang berhasil mendaratkan wahananya di planet Mars. Seluruhnya ada delapan wahana AS yang mendarat di Mars, dimulai dengan dua misi Viking pada 1976, Pathfinder (1997), Spirit dan Opportunity (2004), Phoenix (2008), Curiosity (2012) dan InSight (2018). Sementara Uni Soviet mendaratkan wahana Mars3 di planet merah itu pada tahun 1971 dan 1973 dengan mendaratkan wahana Mars 6.

Belakangan UEA dan China mengirim wahana ke Mars dan mengambil gambar planet itu, tetapi belum mendaratkan wahanya. Berikut ini adalah foto-foto permukaan Mars dari NASA  (National Aeronautics and Space Administration) Amerika Serikat melalui Reuters.

Editor : Sabar Subekti

BPK Penabur-Start Up
Zuri Hotel
Back to Home