Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 12:28 WIB | Rabu, 15 Mei 2013

Bali Memilih Gubernur Hari Ini

Dua pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali yang bersaing dalam pemilihan hari ini, Rabu (15/5). Made Mangku Pastika dan I Ketut Sudikerta dan Anak Agung Ngurah Puspayoga dan Dewa Nyoman Sukrawan. (Foto: istimewa)

DENPASAR, SATUHARAPAN.COM – Hari ini rakyat Provinsi Bali akan memutuskan siapa yang akan menjadi gubernur provinsi itu untuk lima tahun (2013 – 2018) mendatang. Pemungutan suara untuk memilih satu dari dua pasangan calon gubernur di lakukan di 6.395 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di sembilan daerah tingkat dua di seluruh Bali.

Dua kandidat pasangan gubernur dan wakil gubernur yang bersaing kali ini. Pasangan No. urut 1  adalah Made Mangku Pastika dan  I Ketut Sudikerta yang didukung oleh 11 partai (di antaranya Golkar,  Gerindra, Demokrat, dan PAN, semuanya menguasai  43, 36 kursi DPRD). Pasangan No. urut 2 adalah Anak Agung Ngurah Puspayoga dan Dewa Nyoman Sukrawan yang didukung oleh PDI Perjuangan (di DPRD partai ini menguasai 43, 64 persen kursi).

Sekitar 2, 92 juta penduduk Bali yang mempunyai hak pilih akan menentukan siapa yang akan menjadi gubernur mendatang.

Pemilihan Gubernur di Bali, termasuk yang menampilkan kandidat paling sedikit (dua pasang) di bandingkan dengan daerah lain yang memiliki banyak pasangan. Dengan demikian dipastikan hanya aka ada satu kali putaran untuk menentukan gubernur terpilih.

Dari berbagai kalangan di Bali, pemilu ini diharapkan berjalan dengan baik, dan tidak mengganggu ekonomi utama Bali yang bertumpu pada industri pariwisata. Bahkan sejumlah media setempat menyebutkan harapannya pemilihan gubernur ini menjadi pesta demokrasi bagi rakyat dan juga peristiwa menarik bagi wisatawan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home