Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 07:16 WIB | Selasa, 11 Oktober 2016

Bayer-Monsanto Janji Tidak Perkenalkan Bibit Transgenik di Eropa

Logo perusahaan Monsanto pada layar di lantai Bursa Efek New York (NYSE) di New York City, AS pada tanggal 9 Mei, 2016. (Foto: reuters.comBrendan McDermid)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM - Perusahaan kimia Jerman, Bayer mengatakan pihaknya tidak akan memperkenalkan tanaman transgenik di Eropa setelah mengakuisisi produsen benih dan pestisida Amerika Serikat (AS), Monsanto.

“Kami tidak mengakuisisi Monsanto untuk membangun pabrik tanaman transgenik di Eropa,” ujar kepala eksekutif Werner Baumann kepada surat kabar Sueddeutsche Zeitung, hari Senin (10/10).

“Beberapa orang memikirkan kemungkinan yang lebih mudah bagi kami dibandingkan Monsanto, mengingat reputasi kami,” ujar Baumann, “tetapi itu bukan rencana kami.”

“Jika dunia politik dan masyarakat di Eropa tidak menginginkan bibit transgenik, maka kami menerima itu, bahkan jika kami berbeda pendapat mengenai bahan tersebut,” lanjutnya.

Akuisisi Bayer terhadap Monsanto merupakan akuisisi terbesar yang dilakukan sebuah perusahaan Jerman. Bayer mengakuisisi Monsanto sebesar 66 miliar dolar Amerika.

Namun, akuisisi itu juga salah satu yang paling kontroversial, karena benih transgenik Monsanto dirancang untuk digunakan bersama dengan bahan glifosat pestisidanya -yang menjadi berita utama tahun ini karena kekhawatiran bahan itu dapat menyebabkan kanker.

Sejumlah kelompok lingkungan, politikus dan petani berjanji akan memblokir “penggabungan terburuk” antara kedua perusahaan setelah kesepakatan itu ditandatangani pada 14 September. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home