Loading...
MEDIA
Penulis: Prasasta Widiadi 20:15 WIB | Selasa, 07 Juli 2015

Beberapa Institusi Pendidikan Hong Kong Diserang Hacker

Ilustrasi Hong Kong Polytechnic University. (Foto: scmp.com)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM – Sejumlah situs resmi lembaga pendidikan ternama di Hong Kong diduga terkena serangan hacker, yang meliputi lebih dari 100 universitas dan instansi pemerintah di seluruh dunia.

Seperti diberitakan South China Morning Post, Senin (6/7), dokumen yang diterbitkan oleh kelompok hacker GhostShell, ribuan akun pengguna yang dikompromikan dalam serangan luas. Berbicara kepada South China Morning Post via Twitter kelompok hacker mengatakan organisasi yang paling mereka targetkan merupakan bagian dari beberapa juta situs yang paling aktif di internet.

Beberapa perguruan tinggi tersebut antara lain Hong Kong Polytechnic University, Universitas China Hong Kong, HKU Space, dan Hong Kong College of Technology semua nama dalam dokumen, yang telah diposting ke file teks situs berbagi Pastebin.

Siu Cheong-leung, seorang konsultan dengan Computer Emergency Response Team Hong Kong, mengatakan bahwa beberapa nama pengguna dan nomor identitas, email atau nomor telepon yang terkena.

“Beberapa mahasiswa terkena dampak informasi tersebut, namun saat ini sepengetahuan saya belum ada kerugian keuangan,” kata Siu.

Dia mengatakan alasan utama para hacker melakukan serangan tersebut yakni untuk menunjukkan kemampuan mereka.

Mungkin mereka ingin menindaklanjuti dengan beberapa hal lain, mungkin untuk membuat profil mereka lebih tinggi atau untuk menginformasikan kemampuan mereka.

“Mereka memposting beberapa tulisan yang diposting oleh GhostShell dan dibarengi manifesto mereka berjudul Dark Hactivism,” Siu menambahkan.

Siu memperingatkan bahwa universitas dan lembaga pendidikan lain di Hong Kong saat ini membutuhkan pengamanan keamanan informasi yang lebih serius. (scmp.com)

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home