Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 13:10 WIB | Senin, 30 September 2013

Bom di Pasar Historis, Akhir Minggu Mengerikan di Pakistan

Seorang laki-laki menggendong anak terluka akibat bom mobil di Peshawar. (Foto: Mohammad Sajjad/Associated Press)

PESHAWAR, SATUHARAPAN.COM – Sebuah bom mobil yang sangat kuat merobek pasar yang sibuk di Peshawar, ibukota provinsi wilayah barat laut Pakistan, Minggu pagi (29/9), menewaskan sedikitnya 38 orang dalam serangan besar ketiga di dalam dan sekitar kota dalam seminggu terakhir.

Ledakan itu terjadi di kawasan bersejarah Qissa Khwani,  pasar di tua kota, sekitar tiga kilometer dari lokasi serangan bom bunuh diri ganda di gereja Kristen seminggu sebelumnya yang menewaskan puluhan orang.

Para ahli mengatakan ledakan hari Minggu itu bersumber dari bahan peledak rakitan dan artileri yang disembunyikan di sebuah mobil yang diparkir. Mereka yang tewas termasuk 14 anggota dari satu keluarga yang datang ke Peshawar dari desa terdekat untuk mendistribusikan undangan pernikahan.

Petugas penyelamat memotong melalui reruntuhan membara membakar kendaraan dan bangunan hancur dalam upaya untuk menemukan korban. Stasiun televisi membawa gambar grafis dari pembantaian, yang menggarisbawahi untuk Pakistan di seluruh negeri berlanjutnya ancaman dari Taliban dan kelompok militan sekutu.

“Orang-orang di balik ini tidak manusiawi,” kata Ghulam Mohammad, yang sedang mencari tubuh seorang kerabat dekat di rumah sakit. “Ini adalah perbuatan binatang.”

Belum Ada yang Mengaku Bertanggung Jawab

Taliban Pakistan, bagaimanapun, membantah bertanggung jawab atas serangan terbaru. “Kami tidak ada hubungannya dengan ledakan bom hari ini,” kata Shahidullah Shahid, juru bicara Taliban. “Kami berkali-kali menjelaskan bahwa kami tidak menargetkan masyarakat umum. Kami mengutuk dan meminta pemerintah untuk memastikan pelakunya.”

Serangan itu terjadi setelah minggu yang sangat buruk di seluruh Pakistan. Gempa bumi menewaskan sedikitnya 300 orang di daerah terpencil Baluchistan, provinsi terbesar namun paling padat penduduknya, dan tiga serangan militan di Peshawar telah menewaskan sedikitnya 140 orang.

Pada 22 September, serangan bunuh diri di dekat Gereja All Saints menewaskan 85 orang, dan pengeboman di bus yang penuh sesak pada hari Jumat menewaskan 21 pegawai pemerintah saat mereka melakukan perjalanan pulang untuk akhir pekan.

“Mengumpulkan jenazah dan menggali kuburan—ini tak terkatakan,” kata wakil komisaris kota, Zaheerul Islam. “Saya tidak tahu harus berkata apa lagi.”

Serangan pada hari Minggu berlangsung di Qissa Khawani, atau bazaar pendongeng, yang mengambil nama dari zaman kuno ketika pedagang dan wisatawan dari Asia Tengah berhenti di sana untuk beristirahat dan berbagi cerita. Beberapa warung teh dari masa itu masih ada.

Para pejabat polisi mengatakan setidaknya 220 kg bahan peledak yang digunakan untuk membuat bom meninggalkan kawah tiga meter. Ledakan meledakkan etalase, beberapa di antaranya terbakar, menghancurkan sedikitnya tiga toko, dan puluhan rusak lagi. Pedagang mengumumkan tiga hari berkabung.

Perdebatan Tentang Taliban

Kekerasan juga terjadi pada saat perdebatan politik yang intens mengenai apakah pemerintah harus mengadakan pembicaraan damai dengan gerilyawan Taliban dalam upaya untuk mengakhiri pertumpahan darah.

Pemimpin oposisi Imran Khan, yang partainya menjalankan pemerintah provinsi Khyber-Pakhtunkhwa , mendukung pembicaraan damai dan penghentian operasi militer di daerah kesukuan.

Dukungan Khan menyulut kontroversi minggu lalu ketika, beberapa hari setelah pengeboman gereja, ia meminta pemerintah untuk mengizinkan Taliban Pakistan untuk membuka kantor yang akan memfasilitasi pembicaraan, banyak seperti yang dilakukan untuk Taliban Afghanistan di negara Teluk Persia Qatar.

Tetapi, para ahli mengatakan bahwa Taliban Pakistan dan Afghanistan adalah gerakan yang berbeda. Versi Pakistan dipandang sebagai lebih didorong secara ideologis, dengan basis politik sempit—sementara kritikus politik mengatakan bahwa kebijakan peredaan hanya akan menambah semangat militan.

Berbicara di lokasi pengeboman pada Minggu, Ayesha Gulalai Wazir, anggota parlemen separtai dengan Khan, mengatakan serangan tersebut dimaksudkan untuk merusak prospek perundingan. “Beberapa pasukan tidak ingin proses pembicaraan dimulai,” katanya.

Serangan Pesawat Tak Berawak

Secara terpisah, sedikitnya lima orang tewas dalam apa yang tampaknya menjadi serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat di Waziristan Utara, distrik suku yang merupakan sarang militansi lokal dan asing. Seorang pejabat intelijen Pakistan, yang berbicara pada kondisi anonimitas, mengatakan termasuk militan tewas dari Punjabi Taliban dan jaringan Haqqani, yang telah melakukan serangan terhadap pasukan NATO di Afghanistan.

Pemimpin politik Pakistan telah berulang kali mendesak Amerika Serikat untuk mengakhiri serangan pesawat tak berawak di tanah mereka, posisi bahwa Perdana Menteri Nawaz Sharif menegaskan dalam pidatonya di Majelis Umum PBB di New York pada Jumat. (nytimes.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home