Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:34 WIB | Rabu, 08 Februari 2017

Brasil Alami Wabah Demam Kuning Terburuk Sepanjang Sejarah

Ilustrasi : demam kuning menyebar di Brasil lebih dari 100 orang terinfeksi. (Foto: express.co.uk.)

BRASILIA, SATUHARAPAN.COM – Sebanyak 65 orang sejauh ini dipastikan tewas di Brasil dalam wabah demam kuning terburuk dalam sejarah negara tersebut selama dua bulan terakhir, menurut pemerintah pada Selasa (7/2).

"Sudah ada sekitar 180 kasus penyakit yang dikonfirmasi, disebarkan oleh nyamuk, sejak 1 Desember,"  kata Kementerian Kesehatan pada Senin (6/2).

“Sebagian besar kasus tersebut terjadi di negara bagian Minas Gerais, tempat 56 orang tewas. Enam orang lainnya tewas di Espiritu Santo dan tiga orang di Sao Paulo,” kata Kementerian Kesehatan.

Sekitar 89 kematian lainnya dan kemungkinan 751 kasus penyakit itu sedang diselidiki, dengan begitu jumlah korban diyakini akan bertambah lebih banyak.

Wabah ini adalah yang terburuk sejak statistik dimulai pada 1980, dan jauh lebih buruk dibandingkan wabah paling parah sebelumnya pada 2000 yang mengakibatkan 40 orang tewas dan 85 kasus yang dikonfirmasi.

Demam kuning adalah penyakit virus yang ditemukan di daerah tropis Afrika dan Amerika yang berdampak pada manusia dan monyet. Virus ini ditularkan oleh jenis nyamuk aedes aegepty, yaitu virus zika dan demam berdarah atau dengue. (AFP/Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home