Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 12:13 WIB | Jumat, 17 Juni 2016

Buku Sketsa Baru Van Gogh akan Diterbitkan

Potret diri Vincent Van Gogh. (Foto: lefigaro.fr)

PARIS, SATUHARAPAN.COM - Sebuah buku sketsa pelukis post-impresionisme Belanda Vincent Van Gogh berhasil ditemukan dan akan diterbitkan pada November mendatang, menurut pernyataan penerbit asal Prancis Seuil, Kamis (16/6).

“Buku sketsa ini hanya diketahui oleh sang pemilik, saya dan penerbit,” ujar pejabat Seuil Bernard Comment. Ia menyebut penemuan tersebut sangat menakjubkan.

Karya seni tersebut akan diterbitkan dengan judul “Vincent Van Gogh, Le Brouillard d'Arles” (Kabut Arles).

Van Gogh menetap di Kota Arles, Provence, Prancis dari 1888 hingga 1889.

Buku tersebut pertama akan diterbitkan di Prancis, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Belanda dan Jepang sementara negara-negara lain akan menyusul.

“Belum ada informasi lebih lanjut hingga konferensi pers dunia di Paris pada pertengahan November 2016 menjelang penjualan perdana di berbagai toko buku di sejumlah negara,” menurut pernyataan Seuil.

Comment mengatakan ia sudah mengetahui keberadaan buku tersebut sekitar setahun terakhir dan buku sketsa itu berisikan 10 gambar.

Para pakar membenarkan keaslian gambar-gambar tersebut.

Van Gogh, yang mengalami kecanduan alkohol dan gangguan mental, bunuh diri pada 29 Juli 1890 dalam kondisi hidup yang miskin dan namanya tidak banyak dikenal orang.

Lukisan-lukisan karyanya kini dijual di pelelangan seharga puluhan juta dolar.

Hingga kini terdapat sekitar 1.000 lukisan karya Van Gogh. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home