Loading...
MEDIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 22:30 WIB | Selasa, 28 Februari 2017

Bush Kritik Kecaman Trump terhadap Media

Ilustrasi. Trump saat menjawab pertanyaan wartawan. (Foto: AFP)

WAASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Mantan presiden Amerika Serikat (AS) dari partai Republik, George W. Bush, Senin (27/02), mengkritik penggantinya Donald Trump dalam komentar langka di hadapan publik terkait politik dan media.

Presiden ke-43 AS yang pernah bermasalah dengan media saat menjabat itu menolak pernyataan Trump bahwa media adalah “musuh rakyat AS.”

“Saya menganggap media memiliki peran yang sangat penting bagi demokrasi,” ujar Bush dalam program ‘Today’ NBC.

Pernyataan Trump yang menghasut tersebut menuai kritikan dan dianggap sewenang-wenang, meski demikian media tetap menjadi kambing hitam bagi para pendukungnya.

Di tengah laporan media tentang keterkaitan kampanyenya dengan Rusia, Trump berulang kali mengecam media sebagai “berita palsu.”

Ajudan Trump Steve Bannon kerap menyamakan media sebagai “partai oposisi.”

Bush menanggapi sentimen tersebut dengan mengatakan “kekuasaan bisa membuat orang ketagihan dan bisa mengikis, dan penting bagi media untuk menuntut pertanggungjawaban kepada orang-orang yang menyalahgunakan kekuasaan mereka.”

Bush juga menyebut komentar Trump sebagai sesuatu yang meremehkan upaya AS dalam mendukung demokrasi dan kebebasan pers di luar negeri. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home