Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:53 WIB | Sabtu, 05 Januari 2019

Cegah Kebakaran Hutan, Ilmuwan: Dengarkan Suara Hutan

Ilustrasi. Penggunaan metode bioakustik diyakini bisa membantu mengurangi tingginya ancaman pembalakan liar serta kebakaran hutan. (Foto: dw.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Memantau kebakaran hutan lewat citra visual dinilai tidak lagi ampuh memerangi deforestasi. Kini ilmuwan mencetuskan metode yang lebih murah dan efektif, yakni dengan metode bioakustik atau mendengar suara hutan.

Penggunaan metode bioakustik diyakini bisa membantu mengurangi tingginya ancaman pembalakan liar serta kebakaran hutan. Dengan ´mendengar´ hutan, cakupan area yang terpantau akan semakin luas, demikian kesimpulan ilmuwan yang diterbitkan di jurnal ilmiah Science.

Berdasarkan makalah tersebut, mengusulkan satu cara ampuh untuk memantau kondisi hutan hingga ke daerah terpencil, yaitu dengan cara merekam suara yang ada di dalamnya.

Bioakustik, merekam dan menganalisa bunyi-bunyian seperti suara hewan-hewan liar, serangga, maupun aktivitas manusia dipercaya dapat memberikan data yang lebih efektif.

Saat ini upaya konservasi hutan masih mengandalkan pantauan udara berupa citra satelit atau citra kamera yang hanya mampu melihat luasnya hutan, tapi tidak mampu mengamati yang terjadi di dalamnya. Kondisi cuaca pun dapat memperburuk visual yang ditampilkan. Dengan bioakustik ilmuwan mampu memetakan kondisi hutan di berbagai area.

Untuk itu mereka memasang mikrofon yang menangkap sinyal bunyi-bunyian yang ditimbulkan dari seekor serangga hingga aktivitas manusia. Dari situ sinyal akan dilanjutkan ke pusat data sehinga kita bisa mengetahui gambaran dari ekosistem yang ada. Cakupan area yang termonitor diyakini akan lebih luas dibanding dengan hanya menggunakan kamera. Ongkos pengadaan peranti yang tergolong murah juga menjadi keunggulan dari metode ini.

"Dengan memasang kamera, akan berisiko ketika pemburu datang dan menghancurkannnya. Tetapi perekam suara dapat dipasang hingga 30 meter di atas pohon dan tak akan ada yang melihatnya," kata Rhett Butler, salah satu penulis, seperti dilansir dw.com pada Jumat (4/1)

Berdasarkan Global Forest Watch, total luas kebakaran hutan yang terjadi di tahun 2017 sama dengan luas negara Italia. Lima negara menjadi penyumbang terbesarnya yaitu, Brasil, Republik Kongo, Madagaskar, Malaysia, dan Indonesia.

Indonesia, merupakan salah satu negara penyumbang emisi gas rumah kaca terbesar di dunia. Kebakaran hutan menjadi faktor utamanya. Berdasarkan laporan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, tercatat seluas 4.666,39 Ha hutan di Indonesia habis terbakar di sepanjang tahun 2018. Diharapkan metode biaokustik ini menjadi skema yang menjanjikan.

´Mendengar´ hutan menjadi cara ampuh untuk menekan angka kebakaran dan pendeteksi awal hadirnya ancaman pelaku pembakaran liar. "Suara manusia atau kobaran api yang terdengar bisa menjadi peringatan di area terdampak untuk membantu Indonesia memerangi kebakaran hutan,“ kata Butler.

Peran organisai global pun, diharap mampu mendorong perusahaan-perusahaan di seluruh dunia untuk dapat meningkatkan kepedulian terhadap usaha konservasi hutan. Tak hanya untuk sekadar kepentingan riset akademik melainkan dapat melahirkan kebijakan serta strategi baru demi keberlangsungan keanekaragaman hayati di bumi ini, kecuali kita ingin hutan tak lagi bersuara.

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home