Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:38 WIB | Senin, 16 April 2018

CONCEPT 2018 Lomba Perancangan Produk Mahasiswa Tingkat Nasional

Ilustrasi. Para pemenang CONCEPT 2018 Lomba Perancangan Produk Mahasiswa Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Program Studi Teknik Kimia (HMPSTK) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), bekerja sama dengan Program Studi Teknik Kimia. (Foto: unpar.ac.id)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM – Himpunan Program Studi Teknik Kimia (HMPSTK) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), bekerja sama dengan Program Studi Teknik Kimia menyelenggarakan lomba CONCEPT (Come and Innovate in Chemical Engineering Phenomenal Competition).

CONCEPT merupakan lomba perancangan produk yang menjadi sarana bagi mahasiswa/i Teknik Kimia se-Indonesia dalam mengembangkan produk FMCG (Fast Moving Consumer Goods) non-pangan dengan menggunakan sumber daya alam. Tema yang dicanangkan, “Innovating non-food Fast-Moving Consumer Goods (FMCG) Utilizing Indonesia’s Natural Resources“.

Dimulai sejak November 2017-Januari 2018 untuk pengumpulan dan seleksi abstrak, pengumpulan dan seleksi makalah dilakukan bulan Maret 2018. Grand final digelar pada 6 April 2018.

Terdapat 8 finalis dari berbagai mahasiswa jurusan Teknik Kimia di  Indonesia, di antaranya UI, UGM, ITB, UJ, ITN, Itenas, Polban, dan Unpar. Pada acara grand final yang diadakan di Harris Hotel & Convention Center Ciumbuleuit, para finalis mengikuti rangkaian acara seminar, presentasi serta penjurian, dan ditutup dengan pengumuman pemenang pada gala dinner perancangan produk.

Seminar yang bertajuk “Personal Care: Market Trends 2018″ disampaikan oleh Meifi Ekayanti, SSi Apt, Industrial Development Manager PT Lautan Luas, Tbk. Ia menyampaikan, perkembangan pasar di Indonesia untuk produk-produk personal care, seperti skin care, hair care, bath and shower, dan sebagainya.

Ia mengatakan, pentingnya opini pasar terhadap perkembangan produk, khususnya perubahan sikap-perilaku dari generasi milenial yang menjadi pasar utama bagi produk-produk ini. Selain itu, ia menambahkan penjelasan lebih lanjut terkait berbagai tren dari setiap segmen produk. Contohnya untuk produk perawatan kulit, mengunggulkan aspek-aspek seperti memutihkan dan anti penuaan, anti polusi, all in one claim, dan sebagainya.

Grand finalist mempresentasikan makalah dan prototipe produknya di hadapan dewan juri, yaitu Dr Ing  Dendy Adiytawarman, ST, MT (Teknik Kimia ITB), Meifi Ekayanti, SSi Apt (PT Lautan Luas Tbk), dan Ir Tony Handoko, ST, MT, IPM. (Teknik Kimia Unpar).

Dari hasil penjurian diperoleh pemenang juara ke-3, yaitu tim Karen Geraldine dari UI dengan makalah “BERSIHAYU: Pemanfaatan Ekstrak Daun Abrus precatorius L. dan Minyak Eugenia caryophillus sebagai Pembersih Wajah untuk Kulit Cenderung Berminyak dan Berjerawat Ringan”.

Juara ke-2 tim Katherine Kurniawan dari ITB dengan makalah “SAPOVE: Sabun Wajah Natural Anti-Iritasi”, dan juara pertama  tim Marizka Aviana dari Teknik Kimia UGM dengan makalah berjudul “BIOCHIPERS (Biodegradable Chitosan Based Diapers): Pemanfaatan Sumber Daya Lokal untuk Pembuatan Popok Bayi Ramah Lingkungan sebagai Upaya Pengendalian Limbah Popok Bayi” .

Dr Dendy mengatakan, kualitas makalah dan prototipe produk yang disajikan oleh setiap peserta sudah sangat baik, sehingga dewan juri kesulitan untuk memilih yang terbaik di antara yang sangat baik. Apresiasi mendalam disampaikan oleh Ratna Frida Susanti, PhD, Ketua Prodi Teknik Kimia Unpar, atas kesediaan para dewan juri, partisipasi setiap peserta, dan kerja keras panitia pelaksana sehingga seluruh rangkaian acara CONCEPT dapat berlangsung dengan baik.

Diharapkan, prestasi-prestasi yang diraih dapat senantiasa menjadi motivasi para peserta untuk terus berkarya dan berprestasi di masa yang akan datang. (unpar.ac.id)

Editor : Sotyati

Back to Home