Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 09:39 WIB | Jumat, 06 April 2018

Mahasiswa UK Petra Praktik Kelola Restoran dan Hotel

Mahasiswa Program Studi Manajemen Perhotelan Universitas Kristen Petra (UK Petra), yang tergabung dalam mata kuliah manajemen operasional hotel (MOH), membuka hotel dan restoran berbalut suasana Jepang sebagai sarana praktik. (Foto: petra.ac.id)

SURABAYA, SATUHARAPAN.COM – Sebanyak 76 mahasiswa Program Studi Manajemen Perhotelan Universitas Kristen Petra (UK Petra), yang tergabung dalam mata kuliah manajemen operasional hotel (MOH), kembali membuka hotel dan restoran sebagai sarana praktik. Aktivitas itu digelar untuk mengimplementasikan teori-teori yang sudah didapatkan selama perkuliahan.

Hotel dan restoran bernuansa Jepang kali ini diberi nama Kai Hotel and Restaurant. Nama Kai, diambil dari kata “Kaizen” yang berarti continuous improvement.

“Kami memilih Jepang adalah karena lidah orang Indonesia sudah cukup familiar dengan makanan Jepang. Karena waktu kami hanya 25 hari, susah untuk memperkenalkan makanan yang asing bagi lidah konsumen,” kata Ferren Gozaly selaku General Manager Kai Hotel and Restaurant, seperti dilansir laman petra.ac.id.

Mereka memilih menghadirkan konsep Japanese City Night Life. Suasana night life dihadirkan melalui dekorasi dengan gambar gedung tinggi perkotaan dilengkapi dengan semarak tata lampu, untuk menciptakan suasana layaknya sedang berada di kota besar Jepang. “Tantangan bagi kami adalah menggabungkan semi fine dining yang tenang dan konsep City Night Life yang identik dengan keramaian,” ujar mahasiswa semester enam itu.

Kai memiliki empat unit bisnis yaitu hotel, restaurant, laundry, dan pastry-bakery. Sebanyak 11 mahasiswa akan menempati posisi top management, seperti general manager, directors, sedangkan 65 mahasiswa lain akan bergantian dalam menjalankan operasional empat unit bisnis tersebut dan terbagi dalam lima departemen, yaitu house keeping, front office, pastry, product, dan service.

Selama 25 hari dibuka, antusiasme pengunjung cukup tinggi. Hari yang paling sepi biasanya hari Rabu, sedangkan hari teramai adalah hari Jumat. Sebab itu, promo-promo khusus ditawarkan pada hari Rabu untuk menarik pengunjung.

Kai Hotel and Restaurant buka setiap hari Selasa-Jumat pukul 09.30-20.30. Dalam persiapan selama kurang lebih dua bulan, mahasiswa mengajukan dan mengkonsultasikan menu-menu makanan dan minuman kepada dosen.

Terdapat total 37 menu yang terdiri atas lima appetizer, empat sup, 10 main course, tiga dessert, dan 15 minuman yang disajikan. Menu spesial yang ditawarkan Kai Restaurant adalah Salmon Don, Chicken Steak, dan Beef Katsu. “Masa praktik ini sengaja dibuat untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat dari semester sebelumnya, sekaligus melatih mahasiswa untuk siap terjun dalam dunia kerja yang sesungguhnya. Implementasi real bisnis ini sebagai ajang berlatih,” kata Endo Wijaya Kartika, SE, MM, Kepala Program Studi Manajemen Perhotelan UK Petra Surabaya.

Selama mengelola Kai Hotel and Restaurant bersama teman-temannya, Ferren mengaku mendapatkan banyak sekali pelajaran berharga. Salah satunya adalah bekerja sama memberikan yang terbaik untuk memuaskan pelanggan.

Tantangan terbesar adalah menyamakan pemikiran dan kemauan antarteman. “Kepuasan pelanggan tidak bisa kami atur karena persepsi dan standarisasi setiap orang berbeda, tetapi bagaimana caranya kami mengelola internal kami supaya bisa memuaskan pelanggan,” ia menjelaskan. (petra.ac.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home