Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 21:18 WIB | Sabtu, 15 Februari 2020

COVID-19: Pakar WHO Imbau Penggunaan Alat Perlindungan yang Tepat

Mencuci tangan tetap menjadi bagian yang penting setelah mengenakan alat perlindungan yang tepat. (Foto: cdc.gov/Getty Images)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Jumat (14/2) menyerukan penggunaan alat pelindung diri (APD) yang tepat untuk COVID-19, karena pelatihan dan perilaku yang tepat dalam penggunaan APD dapat memainkan peran yang jauh lebih penting.

“APD hanyalah salah satu elemen perlindungan, yang lebih penting adalah bagaimana menggunakan APD,” kata Sylvie Briand, Direktur Kesiapsiagaan Bahaya Infeksi Global di WHO, dalam taklimat harian terkait COVID-19.

Ia menambahkan WHO kerap menyaksikan untuk patogen yang sangat berbahaya, bahkan dengan tingkat APD tertinggi, seseorang masih dapat terinfeksi karena kurangnya perhatian dan kesalahan yang dibuat ketika seseorang lelah. Kasus-kasus seperti itu telah diamati dalam wabah Ebola.

“Diskusi ini lebih membahas tentang bagaimana memastikan petugas kesehatan merasa aman, dan bagaimana memastikan mereka menggunakan APD dengan benar,” tuturnya.

“Ada saat-saat ketika beberapa APD yang sangat canggih dapat memberikan rasa aman penuh, lalu seseorang melupakan beberapa hal mendasar seperti mencuci tangan ketika selesai menggunakan APD.”

“Alat-alat harus digunakan sebaik mungkin dan seseorang tidak boleh hanya mengandalkan alat-alat itu,” ia mengingatkan.

Senada dengan Briand, Michael Ryan, Direktur Eksekutif Program Darurat Kesehatan WHO, menambahkan “alat-alat keselamatan sangat penting, tetapi bukan peralatan itu yang membuat Anda aman, namun jika peralatan itu digunakan oleh tenaga ahli yang terlatih.” (Xinhua/Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home