Loading...
EKONOMI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 02:39 WIB | Minggu, 15 Desember 2013

Dahlan Minta Usu Kaji Hambatan Pembangunan Tol

Menteri BUMN, Dahlan Iskan. (Foto: dari setkab.go.id)

MEDAN, SATUHARAPAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan meminta Universitas Sumatera Utara (USU), khususnya Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi melakukan kajian teknis dan ekonomis terkait hambatan pembangunan jalan tol di Sumatera.

"Saya sangat gemas mengapa pembangunan jalan tol Sumatera terhambat dan selalu mentah sehingga perlu kajian teknis dan ekonomis tersebut," kata Dahlan di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, Sabtu (14/12). 

Menteri BUMN Dahlan Iskan menjadi pembicara utama pada kegiatan Reuni Akbar Ikatan Alumni Universitas Sumatera Utara (IKA USU) 2013 di Medan, Sabtu.

Menteri BUMN menyebutkan masih banyak persoalan yang belum tuntas di Sumatera Utara (Sumut) khususnya dalam pengembangan kemajuan perekonomian ke depan.

Bahkan, jelasnya, Sumut belum memiliki pelabuhan bagus sehingga tidak bisa disinggahi oleh kapal-kapal ukuran besar.

Namun Dahlan sudah meminta PT Pelindo I untuk membangun dermaga baru dengan kedalaman 14 meter sehingga bisa disandari oleh kapal-kapal besar. 

"Kementerian BUMN juga berencana akan membangun pelabuhan khusus minyak sawit di Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, sehingga ke depan Sumut akan menjadi pusat minyak sawit mentah atau CPO dunia," kata mantan Dirut PT PLN itu.

Ketua Panitia Reuni Akbar IKA-USU, Ir HT Erry Nuradi dalam sambutannya mengatakan salut dengan kerja keras alumni dan panitia yang dapat membuat berkumpulnya para alumni USU.

Erry juga menyampaikan acara itu bebas dana APBN dan APBD dan berharap Alumni USU dapat berguna bagi bangsa dan negara kedepan.

Sementara itu, Ketua Presedium IKA USU, Sofyan Raz menyatakan kegiatan silaturahim akbar ini merupakan yang pertama kali dilakasanakan sejak USU berdiri.

Sebagai tempat berkumpulnya para kaum terdidik dan terpelajar, USU sudah melahirkan tiga universitas lainnya, yaitu Unsyiah, Unimed dan Politeknik Negeri Medan.

"Sedangkan untuk kepengurusan alumni USU, saat ini sudah dibentuk mandat di Aceh," ucap Sofyan.

Dia juga mengajak seluruh alumni USU dari semua angkatan dan semua fakultas dapat memberikan masukan. "Saya mengimbau kepada seluruh alumni USU agar saling membantu," kata Sofyan. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home