Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:37 WIB | Senin, 27 Juli 2020

Demonstrasi Memprotes Pemerintahan Netanyahu, 12 Orang Ditangkap

Orang-orang memprotes Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dan penanganan pemerintahnya terhadap penyakit akibat virus corona (COVID-19), di dekat kediaman Netanyahu di Yerusalem pada hari Jumat (24/7/2020). Spanduk di latar depan dalam bahasa Ibrani bertuliskan "Musim Semi Israel". (Foto: Reuters)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Polisi Israel menangkap belasan warga Israel dalam unjuk rasa di seluruh negeri pada hari Minggu (26/7) malam yang melibatkan ribuan orang yang terus-menerus memprotesPerdana Menteri Benjamin Netanyahu dalam penanganan krisis akibat pandemi virus corona.

Ribuan orang berdemonstrasi di luar kediaman resmi Netanyahu di Yerusalem dan ratusan lainnya berkumpul di taman tepi pantai di ibu kota Tel Aviv, menuntut pengunduran diri Netanyahu dan mengritik responsnya terhadap krisis.

Untuk pertama kalinya sejak gelombang protes dimulai beberapa pekan lalu, ratusan orang juga berkumpul di luar rumah pribadi Netanyahu di kota pesisir Caesarea yang mewah, di mana keamanan besar menyambut mereka. Demonstran melintasi jembatan dan persimpangan melambaikan bendera hitam, simbol dari salah satu gerakan di belakang protes yang menuntut penggulingan Netanyahu.

Protes muncul sebagai salah satu tantangan terbesar bagi aturan panjang Netanyahu sejak demonstrasi tentang biaya hidup pada tahun 2011 yang menarik ratusan ribu orang turun ke jalan. Mereka datang mengikuti apa yang dikatakan para kritikus bahwa Netanyahu meraba-raba dalam tanggapan terhadap pandemi virus corona dan dalam bayang-bayang persidangan korupsi Netanyahu, yang dimulai kembali awal bulan ini.

Pada konferensi pers pekan lalu yang bertepatan dengan protes, Netanyahu berbicara tentang protes yang melonjak, memperingatkan demonstran: "Jangan menyeret negara itu ke dalam anarki, kekerasan, vandalisme."

Popularitas Netanyahu Turun

Para pengeritik mengatakan polisi telah berusaha keras untuk menghentikan protes, menggunakan meriam air untuk mengusir mereka, dan dalam beberapa kasus menyebabkan cedera. Polisi mengatakan bahwa pengunjuk rasa yang mengabaikan seruan untuk bubar dan memulihkan ketertiban.

Polisi menembakkan meriam air pada pengunjuk rasa di Yerusalem dan mengatakan 12 orang ditangkap di sana, karena terlibat dalam gangguan. Dua orang lainnya ditangkap di lokasi terpisah, karena menyerang pengunjuk rasa dengan semprotan merica dan pisau.

Israel tampaknya menghadapi gelombang pertama infeksi virus corona pada musim semi, dengan Netanyahu membual bahwa Israel adalah salah satu negara paling sukses di dunia dalam tanggapannya terhadap virus. Tetapi apa yang para kritikus katakan adalah tergesa-gesa dan pikiran buruk membuka kembali menyebabkan kasus baru melonjak.

Israel sekarang mengklaim sebagai salah satu negara dengan tingkat infeksi tertinggi di dunia berdasarkan perbandingan dengan populasi. Pemerintah, yang dibentuk dengan maksud untuk fokus memerangi virus, telah bergerak perlahan dan terbata-bata untuk menahan ledakan kasus baru.

Israel sejak itu memberlakukan kembali beberapa pembatasan setelah penutupan yang lama pada musim semi melumpuhkan ekonominya. Pengangguran sejak itu melonjak hingga lebih dari 20%, dari sekitar 3,9% sebelum wabah. Kemarahan telah tumbuh atas rencana bantuan keuangan pemerintah, yang telah dicaci maki karena memberi mereka yang membutuhkan dengan harga murah atau tidak sama sekali.

Krisis telah menurunkan kepercayaan publik pada Netanyahu dan pemerintahannya ke titik terendah. Sementara sebuah pengadilan memutuskan awal bulan ini bahwa persidangan korupsi Netanyahu akan dilanjutkan pada bulan Januari dengan tiga sidang per pekan, suatu langkah yang akan menyulitkan Netanyahu.

Netanyahu dituduh melakukan penipuan, pelanggaran kepercayaan dan menerima suap dalam serangkaian skandal yang melibatkan rekan miliarder dan penguasa media. Dia membantah melakukan kesalahan dan menuduh media, kehakiman dan lembaga penegak hukum dengan konspirasi untuk menjatuhkannya di luar kehendak rakyat. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home