Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Reporter Satuharapan 13:46 WIB | Sabtu, 21 Maret 2020

Depok Siapkan Konsultasi Medis Jarak Jauh tentang COVID-19

Ilustrasi. Salah satu pojok penanda Kota Depok. (Foto: Antara/Feru Lantara)

DEPOK, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Jawa Barat akan mengoperasikan pelayanan informasi medis jarak jauh atau telemedis, bagi warga yang ingin berkonsultasi terkait kondisi kesehatannya, khususnya yang mengalami gejala COVID-19.

“Nantinya warga bisa menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono di Depok, Sabtu (21/3).

Sidik mengatakan sudah berhasil melakukan uji coba telemedis melalui panggilan 112. Nanti nomor ini akan difungsikan bagi warga yang ingin mengetahui kondisi kesehatan mereka, khususnya terkait COVID-19.

Dia mengatakan, jika rumah sakit sudah penuh, masyarakat diimbau agar bisa melakukan perawatan secara mandiri, serta menghubungi 112 jika membutuhkan konsultasi medis.

Guna merealisasikan rencana ini, kata Sidik, pihaknya menjalin kerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Nantinya, ada sejumlah dokter yang bersiaga 24 jam yang bertugas sebagai konsultan telemedis.

“Dalam waktu dekat telemedis ini bisa segera kita realisasikan, setelah berkoordinasi dengan IDI untuk sumber daya dokternya,” katanya. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home