Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 19:46 WIB | Jumat, 06 November 2015

Dewan Gereja Dunia Hormati Penginjilan Uskup Aldo Etchegoyen

Uskup Aldo Etchegoyen di Komite Sentral WCC di Jenewa, 2003. (Foto: Peter Williams / WCC)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Dewan Gereja Dunia untuk Amerika Latin dan Karibia, Rev. Gloria Ulloa, mengenang Uskup Emeritus dari Methodist Gereja Injili dari Argentina (IEMA), Aldo Etchegoyen, yang melakukan penginjilian tentang hak asasi manusia.

"Saya bertemu Aldo melalui jaringan Amerika Latin Council of Churches di awal tahun 80-an. Kata-katanya selalu menawarkan panduan penting tentang bagaimana pekerjaan dan keterlibatan kami harus terus." katanya beberapa waktu lalu.

 Aldo Etchegoyen yang berumur 86 Tahun meninggal dunia pada 1 November di Buenos Aires, Argentina. ia mewariskan komitmen yang kuat untuk hak asasi manusia dan gerakan oikumenis

Sementara itu, Peraih Nobel Perdamaian, Adolfo Perez Esquivel, menyatakan kesedihan atas meninggalnya teman dekatnya. "Aldo adalah advokat hak asasi manusia dan pembela hidup yang tak kenal lelah, bahkan di saat-saat yang paling sulit," katanya.

Sekretariat HAM Argentina juga menyebutkan Ethegoyen merupakan pejuang bersejarah bagi hak asasi manusia di negara mereka. Dalam sebuah pernyataan Sekretariat menyatakan "penyesalan mendalam" atas kematiannya.

"Aldo memiliki komitmen untuk perdamaian dan mengatasi segala bentuk kekerasan, seperti Tuhan kita Yesus Kristus telah meminta pengikutnya,"katanya.

Aldo merupakan ketua Dewan Injili Gereja Methodist Amerika Latin dan Karibia (CIEMAL) di tahun 1983-1989; Ketua Dewan Methodist Uskup Amerika Latin (1990-1997) dan sekretaris jenderal CIEMAL di Tahun 2001 dan 2008.

Dalam catatan resmi, kepala IEMA, Uskup Frank de Nully Brown menyatakan, rasa sakit dan sedih, tetapi juga dengan rasa syukur untuk hidupnya, kita mengucapkan selamat tinggal kepada saudara kita Aldo yang memiliki suara kenabiannya yang hangat dalam pelayanan pastoralnya di seluruh Argentina dan masyarakat Amerika Latin. Dia bersuara tanpa lelah untuk hak asasi manusia. (oikumene.org)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home