Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 20:11 WIB | Rabu, 21 Oktober 2015

Dewan Gereja Dunia Kunjungi Yunani Dukung Pengungsi Timteng

Sekum WCC Olav Fykse Tveit dengan anak-anak di sebuah kamp pengungsi di dekat Idomeni Polykastron Idomeni di perbatasan Yunani dengan Serbia. (Foto: WCC/Marianne Ejdersten)

SATUHARAPAN.COM – Perwakilan dari Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC) mengunjungi Yunani dari 14 ke 18 Oktober untuk mendukung pengungsi di Eropa dan Timur Tengah.

Meskipun musim gugur dengan cuaca berangin telah memengaruhi penyeberangan laut dari Turki selama beberapa minggu terakhir, kedatangan pengungsi dan migran di Yunani terus naik. Yunani masih menjadi pintu masuk terbesar bagi pendatang baru di Mediterania.

Jumlah total pengungsi dan migran yang melintasi Mediterania tahun ini sekarang berdiri dekat dengan 530.000 tanda. Pada bulan September, 168.000 orang menyeberangi Mediterania, angka bulanan tertinggi yang pernah dicatat dan hampir lima kali jumlah pada September 2014.

Dalam kunjungan pada Jumat (16/10) di kamp pengungsi di dekat Idomeni Polykastron Idomeni di perbatasan Yunani dengan Serbia, delegasi bergabung dengan Metropolitan Dimitrios dari Gomenissa untuk mendengarkan pengalaman dan harapan dari orang-orang di sana.

Kepala delegasi WCC, Sekretaris Umum Pdt Dr Olav Fykse Tveit, menyatakan, “Itu bagus untuk melihat bagaimana warga dan relawan di sana bertemu orang-orang, menegaskan martabat manusia mereka dalam situasi seperti ini. Saya bahkan lebih terkesan oleh bagaimana para pengungsi terus kualitas manusia mereka perawatan, martabat, dan harapan. Ini adalah pelajaran bagi kita semua, termasuk gereja-gereja di Eropa.”

Dia menambahkan, “Ini adalah saat yang penting bagi gereja dan masyarakat mereka. Aku melihat seorang saksi yang kuat dari orang-orang Kristen di Yunani. Kami bangga melihat bagaimana gereja-gereja telah merespons dengan kasih dan solidaritas. Kita harus terus setia kepada misi dan nilai-nilai kita. Mari kita tetap bersama, sebagai salah satu persekutuan.”

Kunjungan solidaritas WCC ini diselenggarakan oleh Patriarkat Ekumenis Konstantinopel dan Gereja Yunani. Delegasi tersebut juga termasuk H.E. Metropolitan Prof. Dr Gennadios dari Sassima, wakil moderator dari komite pusat WCC; dan Marianne Ejdersten, direktur WCC bidang Komunikasi. Prof. Dr Dimitra Koukoura, anggota komite pusat WCC, juga bergabung delegasi di Thessaloniki.

Di Yunani, delegasi bertemu Uskup Agung Hieronymos untuk Athena dan Yunani dan Metropolitan Gabriel dari Nea Ionia. Gereja Yunani diwakili dalam diskusi dengan Metropolitan Klimis dari Methana

Kepala Sekretaris Sinode Kudus, Metropolitan Athinagoras dari Ilion, Acharnon dan Petroupoli, Presiden Pusat Integrasi untuk Pekerja Migran—Program Ekumenis untuk Pengungsi (Ecumenical Refugee Program/ERP), Archim. Chrysostomos Simeonides, direktur Pusat Integrasi untuk Pekerja Migran—ERP, Archim. Ignatius Soteriades, sekretaris Komisi Sinode di Inter-Ortodoks dan Hubungan antar-Kristen; Archim. Maximos Pafilis Komite Synodical di Inter-Ortodoks dan Hubungan antar-Kristen; dan Evelina Douris, Sekretaris untuk Pengungsi, ERP. Delegasi juga bertemu para pemimpin Misi Apostoli dan perwakilan UNHCR di Yunani, Alessandra Morelli, koordinator senior operasi.

Pada Kamis pagi, delegasi bertemu Gereja perwakilan Yunani, dan mereka memiliki kesempatan untuk bertukar pandangan dan menemukan cara kerja sama lebih lanjut antara WCC dan Gereja Yunani.

Pada pertemuan ekstensif diperinci kesulitan-kesulitan yang dihadapi negara ini karena situasi pengungsi di Eropa dan krisis kemanusiaan yang disebabkan oleh perpindahan penduduk besar-besaran, terutama dari daerah-daerah Suriah dan melalui Turki dan Yunani ke seluruh Eropa.

Metropolitan Klimis dari Methana mengacu pada pekerjaan yang dilakukan oleh ERP di Yunani bekerja sama dengan gereja-gereja lokal dan banyak relawan. Archimandrite Chrysostomos Simeonides menyebutkan tindakan spesifik dan individu dari Pusat Integrasi untuk Pekerja Migran—ERP dan kemitraan telah dikembangkan dengan UNHCR, Departemen Tenaga Kerja, Departemen Kesehatan dan lembaga lainnya di Yunani dan luar negeri.

Archimandrite Ignatius Soteriades berbicara tentang kegiatan Komite Inter-Ortodoks dan hubungan antar-Kristen, sementara Mrs. Evelina Douris menekankan perlunya untuk menemukan perjalanan yang aman langsung untuk migran ke Eropa, sehingga mereka tidak lagi dimanfaatkan oleh para pedagang, dan butuhkan untuk penyediaan cepat untuk dokumen imigrasi.

Pada sore hari yang sama, delegasi mengunjungi Uskup Agung Hieronymos. Pada pertemuan, juga dihadiri oleh Metropolitan Gabriel dari Nea Ionia, peserta mendiskusikan dimensi politik migrasi, posisi gereja-gereja di Eropa dan dampak kemanusiaan dari masalah pengungsi ini.

Uskup Agung Hieronymos, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada WCC untuk kunjungan ke Yunani, menggarisbawahi kebutuhan untuk solusi internasional untuk membantu para pengungsi dan menghormati hukum internasional. Setelah kembali pada hari yang sama dari salah satu kunjungan mingguannya ke daerah-daerah di negeri ini, uskup agung mengatakan, “Ini hanya awal. Kita tidak tahu apa yang menunggu bulan-bulan berikutnya. Musim dingin akan segera datang, dan itu akan menjadi situasi yang sangat penting bagi para pengungsi.”

Perwakilan UNHCR Alessandra Morelli menekankan, “Kecepatan dan skala gerakan ke Yunani terus memberikan tekanan besar pada pemerintah dan masyarakat banyak. Sementara pemerintah telah bekerja untuk meningkatkan penerimaan dan pendaftaran fasilitas dan operasi di pulau-pulau, kemacetan masih terjadi.”

UNHCR khawatir bahwa kurangnya kapasitas penerimaan di Yunani bisa membahayakan program relokasi yang disepakati oleh Dewan Eropa, sebagai pengungsi berhak punya tempat untuk tinggal sementara menunggu relokasi. Jika hal ini tidak segera ditangani, gerakan sekunder ke negara-negara tetangga cenderung terus terjadi.

Morelli mengatakan juga “Upaya kami adalah fokus pada mendukung dan bekerja sama dengan pemerintah daerah, organisasi non-pemerintah, gereja dan pemerintah pusat untuk meningkatkan respons; mendukung proses pendaftaran; memberikan informasi kepada pengungsi; mengidentifikasi dan merujuk orang dengan kebutuhan khusus; dan memberikan dukungan untuk membantu memperbaiki kondisi penerimaan. UNHCR juga memberikan bantuan kemanusiaan dasar.” (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home