Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 22:26 WIB | Minggu, 02 Agustus 2015

Din: Tidak Ada Pembatasan Gerak Perempuan Muhammadiyah

Din Syamsuddin. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

MAKASSAR, SATUHARAPAN.COM - Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Din Syamsuddin menegaskan bahwa tidak ada pembatasan ruang gerak bagi perempuan Muhammadiyah dalam menjalankan organisasi kemasyarakatan itu, karena tidak adanya nama perwakilan perempuan dalam Tanwir Muhammadiyah.

"Tidak ada pembatasan, kalau yang terpilih di Tanwir Muhammadiyah itu semua laki-laki maka wadahnya perempuan Muhammadiyah di Tanwir Aisyiyah, jadi semua diberi ruang untuk berorganisasi," ujarnya kepada wartawan di Makassar, hari Minggu (2/8).

Menurut dia, hasil Tanwir menjelang Muktamar Ke-47 Muhammadiyah itu diyakini akan diterima semua kader Muhammadiyah dan tidak ada diskriminasi dalam memilih komposisi pengurus. 

"Selama ini Muhammadiyah telah menempatkan penghargaan tingginya kepada perempuan Muhammadiyah dengan membentuk organisasi khusus bagi mereka, yakni Nasyiatul Aisyiyah. Ormas ini didirikan bertujuan agar perempuan punya forum guna menyumbangkan pikiran sehingga Muhammadiyah bisa lebih maju," paparnya. 

Ia mengangap peran perempuan Muhammadiyah saat ini sudah terwakili haknya dengan membentuk ormas Aisyiyah untuk mengakomodasi hak-hak serta memilih pemimpinnya sendiri.

"Karena Muhammadiyah itu berbeda dengan organisasi kemasyarakatan lainnya bercampur dengan anggotanya. Kami di Muhammadiyah telah memberi tempat khusus kepada mereka kaum perempuan," kata pria keturunan Gowa, Sulawesi Selatan itu.

Din menambahkan Muhammadiyah tidak pernah membatasi ruang gerak perempuan saat mendaftar sebagai kandidat, mengingat dalam 82 orang yang diseleksi panitia pelaksana, ada beberapa nama perempuan yang diakomodasi.

Kendati pada akhirnya tidak ada satupun nama keterwakilan perempuan yang lolos dalam seleksi yang mengerucutkan 39 nama calon pengurus PP.

"Saya tidak akan mengintervsi sebab itu pilihan tanwir. Kebetulan saja yang terpilih itu semuanya laki-laki. Kalaupun ada yang memilih perempuan, sama sekali itu tidak menjadi masalah," tambahnya. 

Sebelumnya, hasil perhitungan Tanwir Muhammadiyah untuk calon formatur Pimpinan Pusat Muhammadiyah priode 2015-2020 tidak mengakomodasi unsur keterwakilan perempuan dari Nasyiatul Aisyiyah sebagai sayap organisasi Islam tersebut.

"Tidak adanya unsur perempuan yang masuk dalam kepemimpinan inti di Muhammadiyah sama sekali tidak mengerdilkan arti kiprah gerakan sayap perempuan Aisyiyah dan Nasyiatul Aisyiyah," kata Ketua Nasyiatul Aisyiyah Norma Sari di Makassar.

Menurut dia, adalah kemajuan positif sejak Muktamar Muhammadiyah ke-46 di Yogyakarta, saat itu memasukkan salah satu unsur Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang kini menjabat Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah secara ex officio. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home