Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 21:07 WIB | Senin, 20 April 2015

Direnovasi, Kantor KPU DKI Sementara Pindah ke Utara

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumarno di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (20/4) sore. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta yang berlokasi di Kantor Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat rencananya akan dipindahkan sementara ke Sunter, Jakarta Utara.

Gedung KPU saat ini menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sudah tidak layak huni.

“Dengan kondisi seperti itu kan nggak layak ya gedung seperti itu, mau tidak mau harus dipindahkan. Kalau mau direnovasi harus pindah. Renovasi kan nanti KPU pindah dulu. Kita akan evaluasi, kalau lebih strategis di sana (Sunter) kan lebih enak, lebih gede, lebih longgar ya tetap di sana saja. Yang di sana gedungnya juga siap,” ujar Djarot di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (20/4) siang.

Rencana awal, Pemprov DKI ingin memindahkan secara permanen kantor KPU ini di Sunter, namun pihak KPU keberatan. Hingga akhirnya hanya akan dipindah sementara, Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno pun mengatakan masih mempertimbangkan lokasi perpindahan yang ditawarkan Pemprov. Menurutnya dari segi aksesibilitas, lokasi di Sunter kurang strategis dan kurang mudah dijangkau.

“Bila kantor KPU dipindahkan, kemungkinan kita pilihan gubernur kedua kan bulan Februari, biasanya Januari atau Februari masa banjir dan jalan ke sana kan seringkali banjir. Bisa dibayangkan pas kita volume kegiatan dengan intensitas yang tinggi, bencana alam itu pasti jadi masalah,” ujar Sumarno.

KPU bersikukuh menginginkan KPU tetap bertempat di alamat yang saat ini ditinggali. Menurutnya, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama justru sudah menginstruksikan kantor kelurahan yang berada di sebelah kantor KPU lah yang akan dipindah sehingga kantor kelurahan dapat dimanfaatkan menjadi kantor KPU.

Bila nanti direnovasi, KPU bersedia dipindahkan sementara ke Sunter, Jakarta Utara.

“Kalau direnovasi kan tentu perlu pindah tempat ya, kalau mau tetap di situ mungkin agak kesulitan ya,” ujar dia. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home