Google+
Loading...
RELIGI
Penulis: Sotyati 11:44 WIB | Jumat, 23 Agustus 2019

Dr Azza Karam, Pemimpin Baru World Conference of Religions for Peace

Dr Azza Karam. (Foto: Twitter/David Knights)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Dr Azza Karam terpilih sebagai sekretaris jenderal baru Konferensi Agama-agama untuk Perdamaian Dunia (World Conference of Religions for Peace). Sekretaris Jenderal Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC), Pendeta Dr Olav Fykse Tveit, menyampaikan ucapan selamat kepadanya.

“Salam hangat dan selamat untuk Azza Karam sebagai sekretaris jenderal baru Konferensi Dunia Agama untuk Perdamaian!” kata Pdt Tveit, seperti dilansir oikoumene.org.

“Ia seorang wanita yang kuat dan siap untuk mengemban tugas dan agenda yang perlu dikejar, dengan penuh percaya diri dan kolaborasi yang efektif. Selamat bertugas!”

Karam, mengutip dari sightmagazine.com.au, menggantikan William Vendley, sarjana Katolik Roma dari Amerika Serikat yang mengemban tugas itu sejak 1994.

Karam menapaki jabatan barunya setelah sebelumnya melayani sebagai penasihat senior untuk pengembangan sosial dan budaya di United Nations Population Fund (UNFPA), yang membuatnya bekerja erat dengan mitra berbasis agama.

Sebelum itu, ia adalah penasihat penelitian kebijakan senior di Program Pembangunan PBB di Biro Regional untuk Negara-negara Arab, yang bertugas mengoordinasikan Laporan Pembangunan Manusia Arab.

Wanita kelahiran Mesir beragama Islam ini juga profesor agama dan pembangunan di Vrije Universiteit, Amsterdam, Belanda. Ia menulis beberapa buku, di antaranya Transnational Political Islam (Pluto Press, 2004), dan Women, Islamisms and the State (Palgrave Macmillan, 1998).

Karam dikenal atas kegigihannya dalam melakukan pendekatan kepada pihak pemerintah maupun non-pemerintah dalam urusan dengan organisasi berbasis agama, dan pada saat yang sama ia dikenal menghargai dialog antaragama.

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home