Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:25 WIB | Minggu, 05 Mei 2024

Joe Biden Sebut Jepang dan India sebagai Negara Xenofobia Yang Tak Menerima Migran

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. (Foto: dok. Ist)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menyebut Jepang dan India sebagai negara-negara “xenofobia” yang tidak menerima imigran, menyamakan keduanya dengan musuhnya, Tiongkok dan Rusia ketika ia mencoba menjelaskan keadaan ekonomi negara-negara tersebut dan membandingkan keempat negara tersebut dengan AS dalam hal imigrasi.

Pernyataan tersebut, pada acara penggalangan dana kampanye pada hari Rabu (1/5) malam, disampaikan hanya tiga pekan setelah Gedung Putih menjamu Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, untuk kunjungan resmi yang mewah, di mana kedua pemimpin tersebut merayakan apa yang disebut Biden sebagai “aliansi yang tidak dapat dipatahkan,” khususnya mengenai keamanan penting global.

Gedung Putih menyambut kunjungan kenegaraan Perdana Menteri India Narenda Modi pada musim panas lalu.

Jepang adalah sekutu penting AS. Dan India, salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, merupakan mitra penting di Indo Pasifik meskipun ada perbedaan pendapat mengenai hak asasi manusia.

Pada acara penggalangan dana di hotel yang sebagian besar pendonornya adalah orang Amerika keturunan Asia, Biden mengatakan pemilu AS mendatang adalah tentang “kebebasan, Amerika, dan demokrasi” dan bahwa perekonomian negara berkembang “karena Anda dan banyak orang lainnya.”

"Mengapa? Karena kami menyambut baik imigran,” kata Biden. “Dengar, pikirkanlah. Mengapa perekonomian China mengalami kemerosotan yang begitu parah? Mengapa Jepang mengalami kesulitan? Mengapa Rusia? Mengapa India? Karena mereka xenofobia. Mereka tidak menginginkan imigran.”

Presiden menambahkan: “Imigranlah yang membuat kita kuat. Bukan lelucon. Itu bukan hiperbola, karena kami mempunyai banyak pekerja yang ingin berada di sini dan ingin berkontribusi.”

Belum ada reaksi langsung dari pemerintah Jepang atau India. Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby, mengatakan Biden menyampaikan pendapat yang lebih luas tentang sikap AS terhadap imigrasi.

“Sekutu dan mitra kami tahu betul bagaimana Presiden Biden menghargai mereka, persahabatan mereka, kerja sama mereka, dan kemampuan yang mereka bawa ke berbagai spektrum dalam berbagai masalah, tidak hanya terkait keamanan,” kata Kirby pada hari Kamis (2/5) pagi ketika ditanya tentang kebijakan Biden. komentar “xenofobia”. “Mereka memahami betapa dia sangat menghargai gagasan aliansi dan kemitraan.”

Komentar Biden disampaikan pada awal Bulan Warisan Penduduk Asia-Amerika dan Kepulauan Pasifik, dan ia diperkenalkan pada penggalangan dana oleh Senator Tammy Duckworth, D-Ill, salah satu dari dua senator keturunan Asia-Amerika. Dia adalah ketua bersama nasional untuk kampanye pemilihannya kembali.

Jepang telah mengakui adanya masalah dengan menyusutnya populasinya, dan jumlah bayi yang lahir di negara tersebut pada tahun 2023 turun selama delapan tahun berturut-turut, menurut data yang dirilis pada bulan Februari.

Kishida menyebut rendahnya angka kelahiran di Jepang sebagai “krisis terbesar yang dihadapi Jepang” dan negara tersebut telah lama dikenal dengan sikapnya yang lebih tertutup terhadap imigrasi, meskipun pemerintahan Kishida, dalam beberapa tahun terakhir, telah mengubah kebijakannya untuk mempermudah proses imigrasi bagi pekerja asing untuk datang ke Jepang.

Sementara itu, populasi India telah membengkak menjadi yang terbesar di dunia, dan PBB mengatakan jumlah penduduknya diperkirakan akan mencapai 1,425 miliar jiwa. Populasinya juga cenderung lebih muda. Awal tahun ini, India memberlakukan undang-undang kewarganegaraan baru yang mempercepat naturalisasi bagi umat Hindu, Parsi, Sikh, Buddha, Jain, dan Kristen yang melarikan diri ke India dari Afghanistan, Bangladesh, dan Pakistan. Namun hal ini tidak termasuk umat Islam, yang merupakan mayoritas di ketiga negara tersebut. Ini adalah pertama kalinya India menetapkan kriteria agama untuk mendapatkan kewarganegaraan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home