Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 15:14 WIB | Sabtu, 22 November 2014

Dwikorita Karnawati Rektor UGM 2014-2017

Dwikoritas Karnawati. (Foto: rumahpemilu.org)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Gadjah Mada (UGM) menetapkan Prof Dwikorita Karnawati, MSc, PhD sebagai Rektor UGM masa bakti 2014-2017.

Dwikorita terpilih sebagai rektor melalui sidang pleno MWA dalam penetapan rektor antarwaktu, Sabtu (22/11) di Ruang Sidang MWA. Dwikorita terpilih melalui musyawarah mufakat 19 anggota MWA. Dari 23 anggota MWA, empat di antaranya berhalangan hadir, yaitu Sri Sultan Hamengku Buwono X, Luhut Panjaitan, Hery Zudianto, dan Sri Suparjatie.

Ketua MWA UGM, Prof Dr Sofian Effendi menegaskan Dwikorita ditetapkan sebagai rektor dengan banyak pertimbangan, seperti rekam jejak maupun prestasinya selama menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni.

“Secara musyawarah mufakat kami telah menetapkan Dwikorita sebagai rektor,”papar Sofian didampingi Sekretaris MWA, Dr.es.ec.tech. Ahmad Rifa’i, MT

Sofian menjelaskan sebelum sidang pleno hari ini, MWA telah memanggil lima wakil rektor. Dari lima wakil rektor tersebut dua di antaranya, yaitu Prof Dr Ir Budi Santoso Wignyosukarto, DipHE (Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset) serta Prof Dr Suratman (Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) tidak memenuhi persyaratan sesuai statuta untuk menggantikan Prof Dr Pratikno karena usianya lebih dari 60 tahun.

“Jadi ada tiga calon. Namun, dua calon, sempat menyatakan kalau boleh memilih masih ingin fokus menyelesaikan pekerjaaan di bidang perencanaan maupun akademik,” Sofian menambahkan.

Dari tiga calon rektor menurut Sofian juga sudah menyatakan komitmen untuk siap kalah dan siap menang. Mereka juga siap mendukung siapa pun yang terpilih untuk kemudian melanjutkan program kerja dari Prof Pratikno yang telah diangkat sebagai Mensesneg, 20 Oktober silam.

Ia menegaskan sejak berdiri pada 19 Desember 1949, UGM belum pernah dipimpin oleh rektor perempuan. Ada beberapa tugas yang menanti Dwikorita setelah Senin (24/11) besok dilantik MWA sebagai rektor, seperti menjaga kekompakan di tingkat pimpinan universitas serta menyikapi penggabungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

“Termasuk masih minimnya jumlah mahasiswa UGM yang berasal dari luar Jawa. Saya rasa itu jadi tugas rektor baru untuk memikirkannya,” Sofian Effendi menegaskan.

Moderator Debat Capres-Cawapres

Dwikorita Karnawati akan dilantik oleh MWA sebagai Rektor pada Senin (24/11). Sebelum diangkat menjadi rektor, Dwikorita adalah Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni. Perempuan kelahiran Yogyakarta, 6 Juni 1964 ini juga sempat menjabat sebagai Ketua Jurusan Teknik Geologi UGM.

Dwikorita Karnawati meraih gelar S1 dari UGM, S2 dan S3 dari Leeds University, Kerajaan Inggris. Ia memperoleh beberapa penghargaan seperti The Young Academic Award, World Bank (1997) serta Leverhulme Professorship Award, Institute for Advanced Studies, University of Bris (2002).

Selain itu Dwikorita, dalam ajang Seleksi Nasional Akademisi Berprestasi tahun 2010 meraih penghargaan sebagai Kaprodi berprestasi. Ia juga dikenal sebagai moderator debat capres-cawapres 2014. (ugm.ac.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home