Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 22:29 WIB | Kamis, 21 November 2013

Empat Warga Inggris Tewas dalam Perang di Suriah

Warga Inggris yang berperang di Suriah. (Foto: thetimes.co.uk)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Empat pria Inggris tewas saat bertempur bersama pasukan yang berafiliasi dengan Al-Qaeda di Suriah, seperti dilaporkan pihaknya pada Kamis (21/11). Hal itu menimbulkan ketakutan atas meningkatnya ancaman dari para jihadis yang kembali dari perang tersebut.

Tiga pria, seluruhnya diduga berasal dari London, tewas pada Agustus saat kelompok mereka menyerang pasukan rezim Presiden Bashar Al-Assad dekat Aleppo, menurut The Times. Pria keempat tewas tertembak dua pekan kemudian saat berupaya menyergap posisi musuh.

The Times mengatakan, mereka merupakan bagian dari kelompok jihadis Inggris berjumlah sepuluh orang yang bertempur dan bergabung dengan 20 warga Inggris lainnya untuk berperang bersama Front Al-Nusra, yang bersekutu dengan Al-Qaeda.

Badan Intelijen Inggris MI5 memperkirakan bahwa antara 200 hingga 300 remaja Inggris sudah berangkat untuk bertempur di Suriah, dan khawatir mereka akan merekrut mualaf demi tujuan mereka, atau melancarkan serangan di dalam negeri.

Seorang sumber keamanan mengatakan kepada The Times, “Beberapa dari mereka yang berangkat pada tahap awal konflik sudah kembali ke Inggris, meradikalisasi warga lainnya, dan kembali ke Suriah dengan pengikut lainnya.”

The Times menyebut salah satu pria yang tewas bernama Mohammed el-Araz (23) dari Ladbroke Grove, London barat, yang dikabarkan tewas saat berupaya menyergap pasukan pro-Assad. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home