Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:58 WIB | Senin, 18 November 2013

Sekjen PBB Targetkan Konferensi Damai Suriah Pertengahan Desember

Sekjen PBB Ban Ki-moon. (Foto: dari alarabiya.net)

VILINIUS, SATUHARAPAN.COM - Sekjen PBB Ban Ki-moon pada Senin (18/11) mengatakan bahwa dia memperkirakan konferensi damai Suriah yang sudah tertunda lama akan digelar pada “pertengahan Desember” dengan tanggal spesifik akan ditetapkan pekan depan.

“Saya belum bisa mengumumkan tanggal tepatnya untuk saat ini. Target kami pada pertengahan Desember,” kata Ban kepada para wartawan dalam kunjungannya ke Lithuania.

Dia mengatakan utusan Liga Arab-PBB Lakhdar Brahimi akan berusaha untuk menetapkan tanggal dalam pertemuan dengan Rusia dan wakil AS pada 25 November.

“Mereka akan meninjau kembali dan jika mungkin, saya berharap bahwa mereka akan menetapkan tanggalnya sehingga saya bisa memberikan pernyataan,” ujar Ban.

Pekan lalu, surat kabar Suriah mengatakan konferensi yang dijuluki Jenewa II akan digelar pada 12 Desember tapi tanggalnya belum resmi dikonfirmasi.

Masyarakat internasional sudah berusaha selama beberapa bulan ini untuk membawa para wakil pemerintah dan pemberontak ke meja negosiasi, tapi tanggal yang diusulkan hanya datang dan pergi tanpa kemajuan. (AFP/Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home