Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:47 WIB | Rabu, 24 Agustus 2016

Gempa 6,2 Skala Richter Guncang Italia Tengah

Reruntuhan kota Perugia di Italia akibat gempa pada Rabu (24/8) dini hari berkekuatan 6,2 skala richter. (Foto: smh.com.au)

ROMA, SATUHARAPAN. COM – Berkekuatan 6,2 gempa telah melanda Italia tengah, menewaskan sedikitnya enam orang dan lainnya terperangkap di bawah reruntuhan, kata para pejabat Italia.

“Gempa terjadi pukul 03:36 (01:36 GMT), 76 km (47 mil) tenggara dari kota Perugia, pada kedalaman yang sangat dangkal 10km (enam mil), “ kata USGS seperti dilansir bbc.com

Seorang Walikota salah satu kota kepada radio Italia mengatakan , gempa seakan-akan menjadikan setengah  dari kota hilang.

Di Roma, beberapa bangunan terguncang selama 20 detik, menurut surat kabar La Repubblica.

Walikota kota Stefano Petrucci mengatakan Radiotelevisione italiana(Rai TV),  empat orang meninggal yang merupakan sebuah keluarga, telah ditemukan di bawah reruntuhan di kota Accumoli.

Sementara itu polisi mengatakan, telah ditemukan dua orang tewas di desa terdekat dari Pescara del Tronto.

"Jalan-jalan  dari maupun keluar kota terputus. Setengah kota hilang. Ada orang di bawah reruntuhan ... ada longsor dan jembatan akan runtuh," kata Wali Kota Sergio Perozzi .

Lembaga Perlindungan Sipil Italia mengatakan  bahwa  gempa ini sangat "parah".

"Itu begitu kuat. Tampaknya tempat tidur sedang berjalan melintasi ruangan dengan sendirinya dengan kami di atasnya," Lina Mercantini dari Ceselli di Umbria, mengatakan kepada kantor berita Reuters.

USGS memperkirakan kerusakan bisa menjadi signifikan, berdasarkan data dari gempa sebelumnya.

Pada tahun 2009, gempa 6,3 skala Richter di wilayah Aquila, yang juga dirasakan di ibukota Italia, menewaskan lebih dari 300 orang.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home