Google+
Loading...
INSPIRASI
Penulis: Tjhia Yen Nie 11:07 WIB | Selasa, 29 Agustus 2017

GKI Berkarya dalam Keberagaman

Orang yang belum berdamai dengan dirinya sendiri, tentu saja tidak dapat menerima keunikan orang lain.
Foto: istimewa

SATUHARAPAN.COM – ”Gereja bagaikan meja yang bundar, tak bersisi.  Kita semua duduk melingkar, dalam ikatan kasih Kristus.  Tiada yang diutamakan, tiada yang dikesampingkan.  Di sana mereka yang berbeda-beda dipersatukan…”

Sabtu 26 Agustus 2017 adalah hari ulang tahun ke-29 penyatuan GKI (Gereja Kristen Indonesia), yang dirayakan dalam ibadah Minggu, 27 Agustus, dengan menggunakan metafora gereja sebagai meja yang bundar, tanpa sudut dan sisi.

Pdt Adon Syukmana dari GKI Gatot Subroto, Purwokerto, yang memimpin ibadah di GKI Puri Indah, Jakarta Barat mengatakan bahwa kesatuan bukanlah keseragaman.  Apakah GKI menyadari keunikan masing-masing gereja, terutama dirinya sendiri? Karena orang yang belum berdamai dengan dirinya sendiri, tentu saja tidak dapat menerima keunikan orang lain.

Sedangkan GKI Gading Serpong bersama dengan GKI Serpong meresmikan bapos bersama mereka di Perumahan Foresta, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, pada 27 Agustus 2017.  Kerja sama dua gereja dengan bendera sinode GKI yang berbeda (GKI Gading Serpong masuk dalam Sinode Wilayah  Jabar, sedangkan GKI Serpong masuk dalam Sinode Wilayah Jateng) tentu saja menimbulkan keunikan tersendiri karena masing-masing gereja memiliki kebiasaan dan aturan yang berbeda.

”Sebab gereja didirikan di atas batu karang yang adalah Tuhan Yesus sendiri.  Perbedaan yang ada hendaknya menjadi pemersatu, agar kita saling menganggap yang lain lebih utama dari dirinya sendiri,” kata Pdt Andreas Loanka dari GKI Gading Serpong dalam khotbah perdana di bapos Foresta. ”Walaupun beragam, kita memiliki 1 Tuhan, kita adalah 1 tubuh, dan mengemban 1 misi,” lanjutnya.

Selamat ulang tahun GKI! Kiranya himne GKI karya H. Abdi Widhyadi, yang dikumandangkan sebagai nyanyian pengutusan dalam Ibadah Minggu, menjadi bara yang menyemangati GKI berkarya dalam keberagaman di Indonesia. 

Berderaplah Satu

 

Berderaplah satu, pertegap langkahmu!

Junjunglah panggilanNya, perjuangkan kasihNya!

Bergandengan erat, rintanganmu berat,

‘tuk masyurkan berita perdamaian kekal.

Kristus adalah Kepala G’rejaNya,

RohNya pun tetap membimbing umatNya.

Berbarislah utuh, bersatulah teguh,

hai seluruh Gereja Kristen Indonesia!

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro

Back to Home