Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 18:01 WIB | Kamis, 11 Februari 2021

GMKI Ikut Selamatkan Lingkungan dengan Tanam 400 Bibit Pohon

GMKI cabang Waingapu bersama Gereja Kristen Sumba melaksanaan program Penanaman Pohon sebanyak 400 bibit pohon di Waingapu. (Foto: Dok. GMKI)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) cabang Waingapu bersama Gereja Kristen Sumba melaksanaan program Penanaman Pohon sebanyak 400 bibit pohon di Waingapu, Sumba Timur, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Hal itu disampaikan Kabid Medko Info PP GMKI masa bakti 2020-2022, Indra Paningaran kepada satuharapan.com, hari Kamis (11/2).

Jefri Irawan Gultom, Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) GMKI mengatakan, bahwa GMKI punya tanggung jawab yang besar atas kerusakan alam yang terus terjadi hingga hari ini.

GMKI, kata Jefri, sebagai organisasi kader memiliki 106 cabang se-Indonesia, siap menyambut semangat menyelamatkan lingkungan hidup Indonesia.

“GMKI akan melakukan kajian perda di beberapa kota besar dalam terkait Ruang Terbuka Hijau (RTH), melaksanakan program penanaman pohon, melakukan hidroponik dan mendorong pemerintah pusat maupun daerah melakukan percepatan teknologi mengelola sampah menjadi listrik di beberapa kota besar,” kata Jefri.

GMKI merujuk data BPS, bahwa terjadi penurunan signifikan Emisi Gas Rumah Kaca dari tahun 2015-2020 dari 2,37 Gigaton C02e menjadi 1,4 Gigaton Gigaton C02e.

GMKI, kata Jefri, mengapresiasi kerja keras Menteri LHK dalam menurunkan Gas Emisi khususnya mengatasi kebakaran hutan di Indonesia.

“Menteri LHK menyampaikan bahwa semangat Indonesia menurunkan emisi karbon antara 0,834 – 1.081 gigaton CO2e yang berasal dari sektor kehutanan, pertanian, energi industri, transportasi dan limbah,” kata Jefri dalam keterangan tertulisnya.

“Selain itu, sampah juga menjadi ancaman bagi ekosistem air dan darat yang berujung mengancam kesehatan manusia. Menurut data LHK, timbunan sampah mencapai 67.8 Juta Ton,” tambahnya.

Jefri mengatakan, GMKI yang memiliki kurang lebih 300.000 anggota dan senior akan mendorong seluruh kader dalam membangun kesadaran dalam efektivitas penggunaan kendaraan bermotor seperti penggunaan sepeda, menggunakan transportasi umum dan mengurangi pemakaian kantong plastik.

“Kebiasaan ini merupakan bentuk komitmen GMKI terhadap alam semesta dan lingkungan,” ujar Jefri Gultom.

Sebelumnya Dies Natalis ke 71 tahun GMKI dirayakan dengan penuh kemeriahan di gedung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, di Jakarta, hari Selasa (9/2).

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home