Loading...
RELIGI
Penulis: Melki Pangaribuan 17:08 WIB | Rabu, 08 April 2020

GONG Wujudkan Semangat Gotong Royong Hadapi Pandemi COVID-19

GONG Wujudkan Semangat Gotong Royong Hadapi Pandemi COVID-19
GONG menyerahan alat pelindung diri (APD) untuk Puskesmas Rengasdengklok. (Foto-foto: Dok. GONG)
GONG Wujudkan Semangat Gotong Royong Hadapi Pandemi COVID-19
GONG mendistribusikan jerigen untuk cuci tangan.
GONG Wujudkan Semangat Gotong Royong Hadapi Pandemi COVID-19
GONG menyerahkan makan siang untuk tenaga kesehatan Rumah Sakit Cikini, Jakarta.
GONG Wujudkan Semangat Gotong Royong Hadapi Pandemi COVID-19
GONG bekerja sama dengan warga melakukan penyemprotan disinfektan di rumah ibadah.
GONG Wujudkan Semangat Gotong Royong Hadapi Pandemi COVID-19
Salah satu warung gotong royong GONG.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gerakan Masyarakat Sipil Lintas Agama, Suku, Ras, dan Antargolongan yang tergabung dalam GONG (Gotong Royong) terus bersatu melawan COVID-19 di Jakarta, sejak hari Jumat, 20 Maret 2020 hingga dengan hari ini, Rabu (8/4/2020).

Ketua GONG, Pendeta Noerman Sasono, mengatakan GONG hadir untuk mewujudkan semangat gotong royong dalam menghadapi pandemi COVID-19 di Jakarta dan wilayah-wilayah sekitarnya.

“Melalui kegiatan GONG yang merupakan kerja sama antarlembaga lintas umat diharapkan terjadi kolaborasi di dalam menghadapi pandemi COVID -19, karena dalam menghadapi pandemi ini dibutuhkan keprihatinan dan kepedulian bersama,” kata Noerman Sasono kepada satuharapan.com di Jakarta, hari Rabu (8/4).

Noerman mengatakan sejumlah kegiatan telah dilakukan GONG, beberapa di antaranya, penyemprotan 10 rumah ibadah di daerah Jakarta Pusat, penyemprotan rumah ibadah di Bekasi kerja sama dengan Forum Nasional Bhineka Tungal Ika, dan penyemprotan perumahan di daerah Kembangan kerja sama dengan RW setempat.

Kemudian GONG juga mendistribusikan jerigen untuk cuci tangan ke RW Kembangan sebanyak 10 buah, PWNU DKI Jakarta sebanyak 20 buah, Kampung Sawah - Pondok Gede sebanyak 10 buah, Karang Anyar 10 buah, Jatiranggon lima buah, dan Jatikarya lima buah.

“Selain itu GONG juga memberikan makan siang untuk 155 tenaga kesehatan di RS Cikini selama sebulan. Pembagian 300 masker non medis ke salah satu pabrik di Bekasi dan memberikan sumbangan masker medis, face shield dan hand sanitizer ke Puskesmas Rengasdengklok, warga Karet Belakang dan Petak Asem, serta untuk driver ojol bekerja sama dengan beberapa restoran,” kata Noerman.

Untuk bantuan finansial ojek online (ojol), kata Noerman, saat ini telah dijalin kerja sama dengan salah satu operator ojek oline. Sedangkan untuk kegiatan di lapangan, GONG dibantu rekan-rekan GAMKI yang banyak turun ke lapangan untuk mengedukasi maupun survey lokasi.

“Kami memberikan bantuan finansial yang akan diteruskan kepada 1250 driver ojol. Kriteria penerima dana yaitu mereka yang tetap aktif selama pandemi COVID -19. Mereka juga merupakan mitra pengemudi penuh waktu yang mengalami penurunan penghasilan yang signifikan. Kemudian mereka adalah yang bebas dari tindak kecurangan dengan kriteria yang telah ditentukan pihak operator,” kata Noerman.

Sementara itu untuk pembagian makanan melalui warung gotong royong, GONG bekerja sama dengan 30 warteg di Jakarta dan masih ada kemungkinan bertambah.

“Satu warteg menyediakan 15 porsi makan gratis yang masing-masing per porsi Rp 15.000,” katanya.

Menurut Ketua Gerakan Kebangsaan Indonesia itu, kendala yang dihadapi selama ini ialah terkait komunikasi, karena GONG merupakan kerja sama lintas agama di mana kadang kebiasaan satu organisasi tidak dapat dengan mudah diterima komunitas yang lain.

“Namun sejauh ini tidak terasa secara signifikan karena berangkat dari keprihatinan, kepedulian, dan kerinduan untuk melayani secara bersama-sama,” kata Noerman.

Noerman mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat yang ingin menyalurkan donasi dapat melalui rekening GONG Melawan Corona, BCA KCP Tanjung Duren 0769-111-222.

“Kita tidak bisa bergerak sendirian, namun perlu berkerja sama. Sehingga pelayanan ini dapat menyentuh secara lebih luas,” kata Noerman.

Gerekan Lintas Lembaga Agama

Kegiatan awal GONG sebelumnya dimulai dengan menyelenggarakan dua kali pelatihan untuk relawan pada hari Jumat, 20 Maret 2020 di gedung Grha Oikumene (PGI) Salemba yang diikuti oleh 30an relawan. Pelatihan tersebut untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam penyemprotan disenfektan. Mentor dalam pelatihan ini merupakan relawan dari Dompet Dhuafa, Jakarta.

GONG diikuti oleh sejumlah lembaga, antara lain: Indonesian Conference on Religion and Peace (ICRP), Gerakan Kebangsaan Indonesia (GKI), Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN), dan Vihara Dhanagun, dan Komunitas Shikh.

Lembaga-lembaga tersebut berjejaring, bekerja sama, bergotong-royong turut serta dalam penanganan pandemik virus COVID-19 dengan berkontribusi sesuai sumber daya yang dimiliki masing-masing lembaga.

Kegiatan yang GONG rancang yaitu Penyemprotan disinfektan untuk rumah ibadah, pembagian alat pelindung diri (APD) bagi petugas medis dan relawan kami sendiri, pembagian hand sanitizer, dan lain sebagainya yang dibutuhkan oleh masyarakat.

GONG juga telah melakukan penyemprotan disenfektan di rumah-rumah ibadah di bilangan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Ada lima rumah ibadah yang disemprot, yakni masjid, gereja, dan vihara, pada hari Minggu, 22 Maret 2020.

“Hingga hari ini (Rabu, 8/4/2020), GONG terus melakukan pembagian hand sanitizer. Lalu kegiatan yang akan datang yaitu dua warung gotong royong di Pulau Tidung dan fokus ke warung-warung gotong royong lainnya. Sedangkan untuk penyemprotan GONG libur dulu,” kata Noerman.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home