Loading...
INSPIRASI
Penulis: Irvin Tolanda 01:00 WIB | Kamis, 02 Juni 2016

Hanya Pancasila

Pancasila tak hanya menjadi dasar, tetapi juga menjaga bangsa Indonesia tetap satu.
Bung Karno (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Tujuh puluh satu tahun lalu, di hadapan sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan) Soekarno membacakan pidatonya yang kemudian menjadi rumusan dasar negara Indonesia—Pancasila.

”Dasar negara, yakni dasar untuk di atasnya didirikan Indonesia Merdeka, haruslah kokoh kuat sehingga tak mudah digoyahkan. Bahwa dasar negara itu hendaknya jiwa, pikiran-pikiran yang sedalam-dalamnya, hasrat yang sedalam-dalamnya untuk di atasnya didirikan gedung Indonesia Merdeka yang kekal dan abadi. Dasar negara Indonesia hendaknya mencerminkan kepribadian Indonesia dengan sifat-sifat yang mutlak keindonesiaannya dan sekalian itu dapat pula mempersatukan seluruh bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai suku, aliran, dan golongan penduduk,” ujar Soekarno waktu itu.

Perjalanan waktu yang cukup panjang menjadi pembuktian betapa kokohnya dasar negara ini. Sebuah fondasi kebangsaan yang hanya cocok digunakan di Indonesia dengan keragamannya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote.

Pada saat negara-negara di berbagai belahan dunia tengah menghadapi berbagai permasalahan yang mengoyak toleransi, memecah belah solidaritas, dan mengganggu ketertiban social, Indonesia dengan Pancasila akan terus berdiri kokoh. Kita telah melalui berbagai tantangan yang pernah mencoba untuk meruntuhkan bangunan negara ini, mulai dari pemberontakan sampai radikalisme dan hasilnya adalah mereka harus mengakui kekuatan Pancasila.

Dalam pidatonya, dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila, Presiden  Joko Widodo berkata, ”Di tengah kegelisahan negara-negara besar dunia, kita beruntung Indonesia yang berbhineka Tunggal Ika, beragam tapi menjaga toleransi, Indonesia menjadi referensi bagi Negara lain, semua itu karena Pancasila.”

Pancasila bukan hanya menjadi dasar, tetapi sekaligus juga menjadi ”penjaga” agar bangsa ini tetap menjadi satu dan untuk membangun negeri ini menjadi Indonesia Raya. Apa yang telah diletakkan the founding fathers bangsa ini harus terus dijaga dan dipertahankan oleh kita anak-anak bangsa.

Selamat memperingati hari lahirnya Pancasila dan tetap satu dalam kebhinekaan!

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home