Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 22:17 WIB | Rabu, 14 Agustus 2013

Hatta Rajasa Serahkan Dugaan Kartel Daging Sapi ke KPPU

Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, dengan Senior Vice Minister of Cabinet Office of Japan, Yasutoshi Nishimura (foto: hattarajasa.info)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan bahwa tingginya harga daging sapi akibat dugaan adanya kartel daging. Untuk menyelidiki kebenaran dugaan ini, pihaknya menyerahkan penyelidikan dugaan kartel daging sapi kepada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Menurut situs resmi kementerian, ekon.go.id, pada Selasa (13/8), Hatta menyesalkan bahwa harga daging masih pada kisaran Rp.100.000 padahal Idul Fitri telah berlalu.

“Jadi memang KPPU akan menyelidiki, apakah ada permainan di situ, karena itu tugas KPPU untuk mengecek," menurut Hatta.

Menurut Hatta, harga daging sapi tidak boleh tinggi lagi, karena pada hari raya keagamaan tertentu kebutuhan pangan dan daging sangat tinggi, terlebih lagi pemerintah telah melakukan impor daging sapi untuk memenuhi permintaan masyarakat pada bulan puasa dan Idul Fitri.

“Harusnya turun, karena daging harusnya tersedia, sapi harusnya tersedia,” kata Hatta.

Seperti dalam pemberitaan satuharapan.com pada Senin (12/8), Srie Agustina selaku Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan mengatakan bahwa di Jakarta, harga daging sapi berangsur turun pada kisaran Rp 100.000 per kilogram.

“Harga daging sapi memang masih cukup tinggi, namun sudah mulai menurun pasca lebaran ini. Misalnya, di Pasar Senen, Pasar Kranji, Pasar Cakung, Pasar Rawabadak dan Pasar Karang Sembung di Cirebon, pada 7 Agustus harga daging sapi mencapai Rp 120.000 per kilogram. Namun pada 10 Agustus turun menjadi Rp 100.000 per kilogram. Berarti terjadi penurunan sebesar 16,7 persen,” menurut Srie.

Sementara di tempat lain, harganya tidak berbeda jauh, dan hanya ada perbedaan lima ribu rupiah.

“Sedangkan di Pasar Grogol, Pasar Kebayoran Lama, Pasar Klender, Pasar Cinde di Palembang harga daging sapi turun, dari sebelumnya Rp 110.000 per kilogram, menjadi Rp 100.000 per kilogram. Di beberapa pasar harga daging sapi bahkan sudah turun di bawah Rp 100.000 per kilogram. Contohnya, di Pasar Cipete harga daging sapi per tanggal 10 Agustus telah turun menjadi Rp 94.000 perkilogram dan Pasar Ciputat Lama harga daging sapi menjadi Rp 95.000 per kilogram,”  kata Srie.

Hatta telah meminta kepada Kementerian Perdagangan mengambil tindakan menurunkan harga beberapa kebutuhan bahan pokok yang masih di atas harga rata-rata. (ekon.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home