Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 17:44 WIB | Rabu, 15 Februari 2017

Houngbo Jadi Presiden IFAD, Bambang Brodjonegoro Kalah

Gilbert Fossoun Houngbo. (Foto: ifad.org)

ROMA, SATUHARAPAN.COM - Gilbert Fossoun Houngbo, mantan Perdana Menteri Togo, hari Selasa (14/2) ditunjuk sebagai Presiden keenam Dana Internasional untuk Pembangunan Pertanian atau International Fund for Agricultural Development (IFAD).

IFAD sebuah lembaga khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa dan lembaga keuangan internasional yang berinvestasi dalam memberantas kemiskinan pedesaan di negara berkembang di seluruh dunia.  

"Saya datang dari dunia pedesaan. Saya mempunyai pengalaman dari kerasnya kehidupan seperti ini,” kata Houngbo, yang dipilih oleh negara-negara anggota IFAD pada pertemuan tahunan Dewan Pengurus.

Houngbo terpilih di tengah perubahan prioritas pemerintahan dan kebutuhan yang lebih mendesak dari krisis kemanusiaan - seperti bencana alam, konflik dan pengungsi - mengancam untuk mengalihkan dana dari pembangunan jangka panjang.

Dengan meningkatnya permintaan global untuk makanan, migrasi meningkat ke kota-kota dan dampak perubahan iklim, investasi di bidang pertanian dan pembangunan pedesaan akan menjadi penting untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan mengakhiri kemiskinan dan kelaparan.

"Kami harus menjaga ambisi kita dan pada saat yang sama harus realistis dan pragmatis," katanya seperti dikutip dari ifad.org.

"Kami harus menunjukkan bahwa setiap dolar yang diinvestasikan akan memiliki nilai tertinggi untuk uang," lanjutnya.

Houngbo memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun dalam urusan politik, pembangunan internasional, diplomasi dan manajemen keuangan. Sejak 2013 ia menjabat sebagai Wakil Direktur Jenderal Organisasi Perburuhan Internasional, di mana ia bertanggung jawab untuk program eksternal dan kemitraan.

Sebelum itu, ia merupakan Asisten Sekretaris Jenderal, Direktur Regional Afrika dan Kepala Staf di United Nations Development Programme. Dia adalah anggota dari Canadian Institute of Chartered Accountants. Pencalonannya secara bulat didukung oleh pemerintah Uni Afrika.

Sebagai orang yang lahir dan dibesarkan di pedesaan Togo, Houngbo percaya bahwa ketidaksetaraan di dunia saat ini tidak boleh diterima, dan bahwa IFAD memiliki peran penting untuk bermain dalam membawa peluang kepada orang miskin dan dikecualikan.

"Hak istimewa mencapai pendidikan berkualitas tinggi membantu saya mengembangkan rasa tanggung jawab terhadap perbaikan kondisi mereka yang belum memiliki kesempatan yang sama," tulisnya dalam jawaban pertanyaan selama proses pencalonan.

"Saya percaya bahwa melalui kepemimpinan yang dinamis dari IFAD, saya bisa berkontribusi terhadap perubahan yang terlihat dalam kehidupan kesulitan-sarat miskin pedesaan di dunia."

Houngbo mengalahkan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro yang mewakili Indonesia yang berada di antara delapan kandidat lainnya termasuk tiga wanita yang ikut bersaing.

Ia menggantikan Kanayo F. Nwanze, yang menjadi Presiden selama dua periode sejak bulan April 2009. Houngbo akan mulai aktif bekerja pada 1 April 2017.

Pemilihan berlangsung beberapa kali ronde di mana calon yang berada di urutan paling buncit pada setiap ronde otomatis gugur, sehingga akhirnya terpilih calon Presiden IFAD yang mendapatkan suara minimal 67 persen.

Selain 10 negara list A, negara-negara lain yang memiliki pengaruh hak suara besar adalah Norwegia 2,6 persen, Kuwait 1,74 persen, Venezuela 1,61 persen, Swiss 1,5 persen, Tiongkok 1,46 persen, India 1,44 persen, Belgia 1,35 persen, Denmark 1,34 persen, Nigeria 1,15 persen, dan Austria 1,14 persen, Spanyol 0,95 persen, Finlandia 0,94 persen, Brazil 0,82 persen, Aljazair 0,79 persen, Indonesia 0,73 persen, Irak 0,63 persen, Uni Emirat Arab 0,63 persen, Libya 0,56 persen, Meksiko 0,55 persen, dan Qatar 0,52 persen.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home