Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 17:12 WIB | Jumat, 02 Oktober 2015

India Umumkan Target Energi Terbarukan

Energi terbarukan di India sangat penting, untuk memenuhi target energi terbarukan. (Foto: climateparl.net)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM – India, pada Jumat (2/10) mengumumkan target energi terbarukan baru, untuk membantu memangkas tingkat emisi gas rumah kacanya yang tinggi, dalam rencana yang diserahkan kepada PBB menjelang konferensi iklim di Paris pada akhir tahun ini.

India, penghasil emisi terbesar ketiga dunia, secara resmi menyerahkan rencana iklimnya menjelang konferensi COP21, yang akan dibuka pada 30 November di Paris, dengan tujuan mencapai kesepakatan global untuk mengurangi emisi pemanasan Bumi.

“Dalam janjinya, yang dikenal sebagai Intended Nationally Determined Contributions atau INDC, India berkomitmen untuk mengurangi intensitas karbon mereka hingga 35 persen dari tingkat 2005 pada 2030, “ tulis dokumen yang dipublikasikan di situs PBB pada Jumat (2/10) pagi.

Intensitas karbon mengacu pada rasio emisi yang berasal dari produksi ekonomi negara itu.

India, juga berkomitmen untuk menghasilkan 40 persen listriknya, dari sumber ramah lingkungan pada akhir 2030, dengan bantuan alih teknologi.

Namun demikian, mereka menolak untuk menjanjikan pemangkasan emisi dalam jumlah besar, seperti yang dilakukan Tiongkok, yang pada Juni berjanji akan mengurangi intensitas karbonnya antara 60 hingga 65 persen dalam rentang waktu 15 tahun.

Menteri Lingkungan Prakash Javadekar dijadwalkan akan menggelar pengumuman resmi tentang janji penanganan iklim mereka pada sore hari.(AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home