Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 05:29 WIB | Minggu, 06 September 2015

Indonesia Ajak Belanda Investasi Galangan Kapal

Ilustrasi: Saleh Husin (kanan) saat Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI beberapa bulan yang lalu. (Foto: Dok.satuharapan.com/Prasata Widiadi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM –  Indonesia mengharapkan Belanda untuk berinvestasi di sektor galangan kapal di Tanah Air.

”Ke depan, saya ingin ajak Damen (perusahaan galangan kapal Belanda, red) bekerja sama ke tingkat yang lebih lanjut yaitu membangun galangan kapal di Indonesia," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (5/9).

 Saleh  mengunjungi industri galangan kapal milik Damen Schelde Naval Shipbuilding di Vissingen, barat daya Amsterdam, saat kunjungan kerja ke Rotterdam, Belanda.

Menperin menegaskan bahwa galangan kapal Indonesia di Batam, Surabaya dan daerah lain di Indonesia siap bermitra.

Pada kesempatan tersebut, pendiri dan Chairman Damen Shipyard, Kommer Damen dan Presiden Direktur Hein van Ameijden menyambut langsung rombongan Menperin dan delegasi dari Indonesia.

Perusahaan tersebut merupakan salah satu mitra PT PAL Indonesia di Surabaya, di mana keduanya bekerja sama membangun kapal Perusak Kawal Rudal 10514 model korvet/frigate sigma class.

“Format kerja sama dengan PT Pal adalah joint production, beberapa modul dikerjakan di Surabaya dan lainnya di Belanda lalu disatukan. Ini membuka kesempatan terjadinya transfer of technology,” kata Menperin.

Pada pertemuan itu, pihak Damen mengungkapkan bahwa mereka agresif melakukan investasi di Asia Tenggara khususnya Vietnam.

Untuk itu, Menperin meminta Damen menanam investasi langsung di Indonesia dan mengembangkan industri perkapalan. (Ant).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home