Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:22 WIB | Selasa, 19 Juli 2016

Indonesia, Selandia Baru, UNICEF Bangun 100 PAUD di Kupang

Ilustrasi: wisuda siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kupang, Nusa Tenggara Timur. (Foto: belangaanaknegeri.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Pemerintah Selandia Baru, dan UNICEF, mengadakan kerja sama mendirikan pendidikan anak usia dini (PAUD) di Indonesia, khususnya untuk Kabupaten Kupang di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Wajudnya, berupa program bantuan dari Pemerintah Selandia Baru melalui UNICEF Indonesia, untuk pendirian 100 lembaga PAUD di Kabupaten Kupang.  

Peluncuran program tersebut dihadiri langsung Mendikbud Anies Baswedan, Perdana Menteri Selandia Baru, John Key, perwakilan UNICEF Indonesia (Badan PBB yang melakukan kegiatan kemanusiaan dan kesejahteraan anak),Gunilla Olsson, dan Bupati Kupang, Ayub Titu Eki.

Mendikbud mengatakan, lembaga-lembaga PAUD yang nantinya akan didirikan di Kabupaten Kupang, diharapkan dapat menjadi percontohan bagi lembaga PAUD lain di Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia bagian timur. Ia juga mengatakan, pendidikan sebenarnya tidak dimulai dari pendidikan dasar, melainkan dari pendidikan anak usia dini, yang menjadi investasi pembangunan kehidupan manusia.

"Semua pihak sudah menyadari, bahwa PAUD yang holistik dan integratif adalah suatu investasi pembangunan manusia yang secara manusiawi turut mengentaskan kemiskinan, mewujudkan kesehatan, kesejahteraan, dan meningkatkan martabat anak Indonesia," kata Mendikbud saat acara peluncuran Program Bantuan PAUD bersama Perdana Menteri Selandia Baru dan UNICEF di Plasa Insan Berprestasi Kemendikbud, Jakarta, Senin (18/7), seperti dikutip dari situs kemdikbud.go.id.

Hal senada dikatakan Perdana Menteri Selandia Baru, John Key, yang disambut Mendikbud dengan berpakaian tradisional. Ia mengatakan, Pemerintah Selandia Baru berinisiatif untuk memberikan bantuan melalui UNICEF Indonesia, karena dengan bekerja sama dengan UNICEF, mereka tidak hanya berkonsentrasi pada anak-anak, tetapi juga pada mereka yang berkomitmen pada pendidikan anak usia dini.

"Selandia Baru mendukung inisiatif pendidikan di Indonesia termasuk proyek anak usia dini dalam kemitraan dengan UNICEF," kata John Key.

Usai acara peluncuran Mendikbud mengajak PM John Key dan rombongan untuk mengunjungi PAUD KM "0" Kemendikbud yang berlokasi di Gedung Ki Hadjar Dewantara Kemendikbud.

Di PAUD tersebut, John Key disambut dengan penampilan anak-anak PAUD KM "0" yang menyanyikan lagu Selamat Datang Bapak. Selain itu para Bunda PAUD juga mempersembahkan lagu Pokarekare Ana, lagu dari Selandia Baru dalam bahasa Maori, bahasa suku asli di Selandia Baru. PAUD KM "0" Kemendikbud dikelola oleh Yayasan Bakti Idhata di bawah pembinaan Dharma Wanita Persatuan Kemendikbud.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home