Loading...
INDONESIA
Penulis: Elvis Sendouw 13:52 WIB | Rabu, 16 Juli 2014

ISI: Rekapitulasi Suara Disederhanakan Antisipasi Kecurangan

ISI: Rekapitulasi Suara Disederhanakan Antisipasi Kecurangan
Petugas melakukan proses pemindaian dan input data formulir model C1 yang digunakan oleh petugas di setiap tempat pemungutan suara (TPS) sebagai media pencatatan jumlah pemilih berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) di KPUD Kudus, Jateng, Jumat (11/7). Dengan adanya pemindaian tersebut masyarakat umum nantinya bisa mengakses informasi perolehan suara dari masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden melalui website KPU pusat. (Foto-foto: Antara)
ISI: Rekapitulasi Suara Disederhanakan Antisipasi Kecurangan
Penasihat Pemantauan Kemitraan, Wahidah Suaib (kanan) didampingi Wakil Koordinator Pemantau Kemitraan Nindita Paramastuti (kiri) memberikan keterangan kepada wartawan mengenai Waspada Politik Transaksional Optimal Peran Saksi Dalam Rekapitulasi di Media Center KPU Pusat, Jakarta, Jumat (11/7). Kemitraan menyampaikan rekomendasi agar penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) menjaga netralitas dan bekerja secara transparan dalam proses rekapitulasi agar sesuai aturan dan untuk menjaga kondusivitas penetapan hasil Pemilu secara resmi oleh KPU Pusat.
ISI: Rekapitulasi Suara Disederhanakan Antisipasi Kecurangan
Seorang saksi mengabadikan gambar grafik perolehan suara pasangan calon presiden dan wakil presiden 2014 saat rekapitulasi atau penghitungan suara tingkat kelurahan di Kelurahan Kalideres, Jakarta, Jumat (11/7). Pihak PPS menargetkan akan menyelesaikan rekapitulasi surat suara tingkat kelurahan dalam waktu satu hari, dan selanjutnya dilakukan rekapitulasi tingkat PPK.
ISI: Rekapitulasi Suara Disederhanakan Antisipasi Kecurangan
Petugas KPU Kota Ambon, Maluku, mulai menarik kotak suara pilpres dari Panitia Pemungutan Suara (PPS), Jumat (11/7). Kotak suara tersebut digunakan saat pilpres di 668 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 59 Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan 5 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Direktur Institute for Strategic Initiative (ISI) Lucky Djani mengatakan rekapitulasi penghitungan suara manual dari pemilihan umum sebaiknya disederhanakan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecurangan manipulasi suara.

"Sederhanakan rekap manual. Satu di TPS (tempat pemungutan suara), satu pilih saja entah di KPU (Komisi Pemilihan Umum) kabupaten/kota atau kecamatan, mata rantai diputus," kata Lucky saat diskusi politik "Ke Mana Arah Pemilu" di Jakarta, Selasa (15/7).

Pemungutan suara pilpres secara serentak pada 9 Juli 2014, dilanjutkan dengan penghitungan suara secara manual hingga penetapan secara resmi pemenang Pilpres 2014, yang akan diumumkan pada 22 Juli.

Rekapitulasi atau penghitungan suara secara manual dilakukan dari tingkatan TPS, Panitia Pemilihan Suara, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), KPU Kabupaten, hingga Provinsi.

Rekapitulasi suara di tingkat kecamatan dilaksanakan 13-15 Juli. Setelah itu, rekapitulasi dilakukan pada tingkat kabupaten/kota pada 16-17 Juli. Rekapitulasi PPS dan PPK di dalam negeri dilakukan pada saat bersamaan dengan rekapitulasi untuk luar negeri pada 10-15 Juli 2014.

Selanjutnya rekapitulasi suara pada tingkat provinsi dilakukan pada 18-19 Juli 2014, yang kemudian dilanjutkan rekapitulasi suara tingkat nasional pada 20-22 Juli 2014. KPU menjadwalkan penetapan hasil penghitungan suara secara nasional pada 21 Juli 2014.

Menurut Lucky, panjangnya rangkaian tingkatan penghitungan suara tersebut hingga ke KPU pusat memungkinkan terjadinya kelalaian dalam penghitungan suara bahkan terjadi kecurangan atau manipulasi suara.

"Kalau sekarang kecenderungan error cukup besar. Contohnya di kolom C1 pileg ada kolom penulisan huruf, pas pilpres tidak ada. Padahal dengan adanya kolom penulisan huruf, misal terdapat perbedaan keterangan dengan angka yang tertera, memungkinkan petugas untuk mengecek kembali," Lucky menjelaskan.

Lucky menambahkan pada penyelenggaraan Pilpres 2014 praktik politik uang memang tidak sesemarak dibandingkan pada penyelenggaraan pileg. Tetapi, menurut Lucky, harus tetap diwaspadai terjadinya pelanggaran yang bersifat terstruktur, masif, dan programatik.

Pada sisi lain, Ketua Departemen Politik dan Hubungan Internasional Centre for Strategic and International Studies Philips J Vormonte menambahkan masyarakat harus ikut mengawasi proses rekapitulasi suara, selain aparat yang terkait harus menjalankan tugasnya secara optimal.

"Kali ini yang mengawasi bukan hanya badan-badan yang diberi wewenang, tapi masyarakat bisa langsung mengontrol. Ini sangat penting buat demokrasi di mana masyarakat bisa memastikan suaranya. Ini bagian dari institusi demokrasi kita," Philips menjelaskan.

"Ada catatan lompatan demokrasi kita dengan tingkat partisipasi publik cukup signifikan. Waktu pileg form C1 juga di-upload (di Web milik KPU) oleh KPU, tapi orang tidak punya semangat untuk memantau, sekarang banyak yang semangat ikut memantau. Ini juga penting bagi pemimpin agar sadar bahwa publik ikut mengawasi," dia menambahkan.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home